Brilio.net - Beragam bahasa di dunia ternyata menarik perhatian untuk meneliti dari mana sebenarnya berasal. Menurut data yang ada terdapat sekitar 7.000 jenis bahasa yang ada di dunia.

Bahasa Mandarin disebut-sebut menduduki peringkat pertama sebagai bahasa yang paling banyak digunakan, kemudian Spanyol dan Inggris. Menurut Noam Chomsky, ahli bahasa asal Amerika Serikat, bahasa terbentuk pada 60.000-100.000 tahun yang lalu di Afrika. Sebelum bahasa terbentuk seperti sekarang, manusia hanya menggunakan bahasa isyarat hingga otak manusia mulai memahami dan memberikan nama terhadap benda-benda.

Pada zaman Mesir kuno, Psammetichus meneliti bagaimana bahasa tercipta dengan mengurung dua orang bayi ke dalam kandang yang berbeda. Setelah dua tahun dikurung akhirnya kedua bayi tersebut dapat menyebutkan satu kata yang sama yaitu bekos yang berarti roti. Dari percobaan tersebut maka ditarik kesimpulan bahwa Phyrgian adalah asal muasal bahasa di dunia karena dapat diucapkan oleh seorang bayi tanpa dipelajari.

Kemudian bahasa juga berasal dari isolasi perkembangan manusia yang mencoba bertahan hidup dengan berpindah-pindah dan membentuk bahasa sesuai denagn lingkungan sekitarnya, hal ini juga yang menjadi alasan mengapa di negara kepulauan terdapat banyak bahasa.

Lebih jelasnya soal ragam bahasa di dunia, simak video yang diunggah oleh akun YouTube kok-bisa? di bawah: