Brilio.net - Impian Rio Haryanto untuk beraksi di ajang balap mobil bergengsi dunia, Formula 1 (F1), makin mendekati kenyataan. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga menerbitkan surat jaminan untuk memenuhi kebutuhan dana Rio tampil di lomba jet darat itu pada musim balapan 2016.

Sebelumnya, keikutsertaan Rio di ajang bergengsi F1 harus memenuhi syarat, salah satunya membayar dana jaminan atau fee guarantee sebesar 15 juta Euro (sekitar Rp 231 miliar).

Kemenpora garansi Rio Haryanto tampil di F1 tahun depan

"Ini adalah surat garansi yang diberikan bpk @imam_nahrawi kepada @RHaryantoracing cc @SahabatRio," tulis akun twitter resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia @KEMENPORA_RI, Jumat (11/12).

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melalui siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Jumat. Kemenpora menyanggupi untuk memberikan surat jaminan keikutsertaan Rio di F1, dan nantinya akan terus melakukan komunikasi dengan Menteri BUMN dan Direktur Pertamina karena kedua lembaga tersebut juga akan membantu pembiayaan Rio selama mengikuti F1.

Loading...

"Bapak @imam_nahrawi terima kasih atas waktu dan dukungannya semoga impian kita semua untuk masuk ke F1 demi Indonesia bisa terealisasi," tulis akun twitter @RHaryantoracing atas dukungan yang diberikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Kabar akan keikutsertaan Rio di F1 ini adalah kesempatan emas dan tentunya akan membawa nama Indonesia ke dunia internasional. Sebelumnya, Rio Haryanto telah selesai menjalani tes Formula Satu (F1) bersama tim Manor Merussia di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut berhasil menyelesaikan 56 putaran pada sesi pagi hari dengan catatan waktu 1:49.593. Musim balapan F1 berikutnya akan dimulai pada Maret 2016 yang dimulai dari Australia.

RECOMMENDED BY EDITOR