Brilio.net - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melalui Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah menyiapkan lahan seluas sekitar 1.000 hektare untuk pembangunan taman hutan raya.

"Lahan seluas sekitar 1.000 hektare itu tersebar di sejumlah daerah," kata Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Kabupaten Karawang Setya Dharma, saat dihubungi di Karawang, Rabu (6/1).

Dikatakannya, lahan yang nantinya akan dibangun taman hutan raya tersebut berada di Kecamatan Pangkalan, Ciampel, Telukjambe Barat, serta Kecamatan Tirtajaya. Lokasi yang akan dibangun taman hutan raya tersebut, kini masih dalam proses pengkajian. Bahkan pihaknya bersama Pusat Riset Perubahan Iklim Universitas Indonesia masih melakukan survei lokasi.

"Pertengahan tahun ini kami sudah menentukan lokasi yang akan dibangun taman hutan raya," terang Setya dikutip Antara.

Dia mengungkapkan pembangunan taman hutan raya dapat diselesaikan pada 2017. Sedangkan untuk merealisasikan program pembangunan taman hutan raya, Pemkab Karawang menggandeng Perum Perhutani dan juga sejumlah kalangan swasta.

Ia mengaku, di antara tujuan pembangunan taman hutan raya ialah untuk melestarikan sumber daya air dan menetralisir udara yang mengandung emisi karbon dari industri dan gas metan dari pertanian. Selain itu kawasan taman hutan raya juga bisa dimanfaatkan sebagai kawasan wisata hutan.

"Kami tidak bisa membangun taman hutan raya sendirian. Jadi perlu kerja sama pihak luar. Sejauh ini kami sudah berkomunikasi dengan Perhutani dan sejumlah kalangan swasta," pungkas dia.