Brilio.net - Bagi mahasiswa tahun 90-an, istilah "nggak punya uang karena wesel belum sampai" menjadi hal yang sering didengar. Tapi bagi mahasiswa kekinian, istilah itu sudah berganti menjadi "uang belum ditransfer ke ATM".

Wajar lah, di era menjamurnya Anjungan Tunai Mandiri (ATM), bagi anak muda wesel menjadi istilah yang asing. Proses transfer uang yang dulu biasa dilakukan dengan menggunakan wesel pos kini telah berganti dengan ATM. Maka tak heran jika anak muda kekinian jarang yang mengetahui bagaimana proses pengiriman uang via wesel pos.

Meski layanan bank dengan ATM-nya telah menjamur, ternyata jasa layanan wesel pos masih eksis digunakan sebagian orang. Kebanyakan wesel pos digunakan untuk mengirim uang ke daerah terpencil yang belum banyak dijangkau bank.

Nah buat kamu anak muda kekinian yang sudah nyaman menggunakan ATM, tak ada salahnya kamu tahu bagaimana proses pengiriman uang via wesel pos. Siapa tahu kamu pada suatu kesempatan perlu mengirim uang ke daerah yang jauh dari akses bank dan ATM.

Berikut prosedur transfer uang via wesel pos yang diambil brilio.net dari situs resmi PT Pos Indonesia dan berbagai sumber, Selasa (8/9):

Loading...

1. Wesel pos instan yang sering digunakan memberikan layanan pengiriman uang baik dari maupun ke kota dan ke desa yang pasti sampai ke alamat tujuan secepat mengirim sms. Datanglah ke kantor pos dengan membawa sejumlah uang yang dikirim. Jangan lupa bawa uang lebih karena pengiriman uang via wesel pos dikenakan sejumlah biaya.

2. Mintalah formulir wesel pos kepada petugas. Kemudian isilah formulir secara lengkap meliputi identitas pengirim, identitas penerima, serta nominal yang ingin dikirim.

3. Setelah tiba urutanmu, petugas akan memproses formulirmu itu. Kamu akan mendapatkan Nomor Transaksi Pusat (NTP) dan Personal Identification Number (PIN). NTP dan PIN ini merupakan kunci bagi penerima untuk mengambil uang.

4. Setelah mendapatkan NTP dan PIN, beri tahu keduanya itu kepada orang yang kamu kirimi uang itu.

5. Penerima wesel bisa mengambil uang di kantor pos terdekat dengan membawa kartu identitas serta menyebutkan NTP dan PIN.

Dengan pengiriman wesel pos instan yang secepat sms itu, saat kamu sedang antre mengirim wesel di kantor pos, kamu sudah bisa meminta si penerima untuk menunggu di kantor pos terdekatnya. Begitu kamu mendapatkan NTP dan PIN, seketika itu pula si penerima bisa menarik uang tersebut di kantor pos.

Mudah kan?

RECOMMENDED BY EDITOR