Brilio.net - Beberapa waktu lalu, Bandara Ngurah Rai Bali terpaksa di tutup karena abu vulkanik dari anak Gunung Rinjani di Lombok yang mengganggu penerbangan. Para penumpang pun harus menunggu kepastian kapan akhirnya jadwal penerbangan mereka akhirnya berangkat. Beberapa dari mereka merupakan turis asing dan wisatawan domestik yang tengah berlibur di Pulau Dewata.

Bila kamu ada yang menjadi salah satu wisatawan tersebut, lalu harus terjebak delay penerbangan, apa yang akan kamu lakukan? Tenang, berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan bila kamu terjebak delay pesawat saat berwisata, yang telah dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (6/11).

1. Jangan panik, yang terkena delay nggak cuma kamu seorang

foto: keepcalm-o-matic.co.uk
Jangan panik, ya. Yang kena delay nggak cuma kamu seorang. Kalau kamu panik itu hanya akan menguras energimu, dan kamu justru tak bisa berpikir apa yang selanjutnya harus dilakukan. Woles guys...

2. Segera hubungi keluarga atau orang terdekatmu

foto: smallbusiness.foxbusiness.com
Ini juga tak kalah penting. Ketika terkena delay pesawat, sebaiknya kamu segera menghubungi keluarga atau orang terdekatmu, atau siapa pun yang akan menjemputmu di bandara kota tujuanmu nantinya. Infokan pada mereka bahwa jadwal kedatanganmu terlambat.

3. Cari tahu tentang penyebab delay

foto: cassaraqut.wordpress.com
Kamu bisa mencari tahu tentang penyebab delay untuk kemudian menyusun rencana selanjutnya. Kamu juga bisa mengetahui bakal berapa lama terjebak delay di bandara.

4. Hubungi saja pihak maskapai yang pesawat

foto: garudaindonesia.com
Menghubungi pihak maskapai penerbangan juga bisa kamu lakukan untuk tahu solusi apa yang kamu dapat dari delay pesawat tersebut.

2 dari 2 halaman



5. Bila tak sabar menunggu, kamu bisa mencari moda transportasi lain

foto: carjet.com
Bila tak sabar menunggu atau terburu-buru, kamu bisa mencari moda transportasi lain seperti bus, kereta, atau mungkin kapal laut.

6. Maanfaatkan wifi di bandara untuk internetan

foto: flightafrica.blogspot.com
Bila lima hal di atas sudah kamu lakukan, sembari menunggu, kamu bisa manfaatkan wifi di bandara untuk internetan atau untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

7. Kunjungi toko souvenir yang ada di bandara

foto: trbusiness.com
Untuk mengisi waktu, kamu bisa mengunjungi toko-toko souvenir di bandara agar tak mati gaya. Berbelanja oleh-oleh di toko tersebut bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan saat dirimu terkena delay.

8. Kembali lagi ke hotel

foto: tripadvisor.com
Jika kamu akhirnya tahu bandaranya akan di tutup hingga berhari-hari, kamu bisa kembali lagi ke hotel tempatmu menginap.

9. Jalan-jalan ke sekitar dan ke luar bandara

foto: tarafurr.blogspot.com
Terlalu bosan menunggu di dalam bandara? Kamu bisa sebentar ke luar bandara kemudian jalan-jalan mencari sesuatu yang menarik.

10. Tidur!

foto: budgettravel.about.com
Bila memang sudah tak ada lagi yang ingin kamu lakukan, tapi kamu terlalu malas untuk pergi kemana-mana, tidur adalah pilihan yang tepat. Eits, ketika tidur di bandara kamu juga harus tetap mengawasi barang bawaanmu, ya.