Brilio.net - Kacang Macademia, salah satu kacang yang juga dibudidayakan di Indonesia. Harga kacang jenis ini menjadi termahal di dunia lantaran dikaitkan dengan alasan bahwa Pohon Macadamia harus menunggu 7-10 tahun untuk menghasilkan kacang, dan juga kulit sangat keras padahal kacang dijual harus dalam bentuk biji kacang saja.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (24/4), jenis ini dinamai seperti penemunya yaitu John Macadam, dia adalah rekan kerja Ferdinand von Mueller yang pertama menemukannya di tahun 1857. Tumbuhan ini dikenal karena bijinya yang dikenal dengan nama kacang Macadamia. Hanya 2 spesies diambil kacangnya, M. integrifolia dan M. tetraphylla. Spesies lainnya memiliki biji yang beracun.

Kacang Macadamia, jenis kacang termahal di dunia yang ada di Indonesia

Bagaimana sejarahnya kacang asli Australia ini bisa ada di Indonesia? Menurut Suyanto Kartosoewarno MS, insinyur peneliti kacang Makadamia, pada tahun 1971 bibit kacang yang dibawa dari Hawaii ditanam di kebun kopi Blawan, Bondowoso, Jawa Timur sebanyak 105 pohon. Kebun ini milik PTPNXII.

Pertumbuhan dari 105 tanaman pada ketinggian tempat sekitar 900 mdpl ini cukup bagus, bahkan berbuah lebat. Tapi phenotype sangat heterogen, bahkan antara satu dengan lainnya ada bedanya. Perbedaan terlihat dari bentuk tajuk, daun, bunga, buah.

Kacang Macadamia, jenis kacang termahal di dunia yang ada di Indonesia

Kacang Macadamia dihargai sangat mahal bukan hanya karna rasa yang lembut, tetapi juga karena minyak yang dihasilkan. Biji kacang macadamia dapat menghasilkan minyak hinggal 80%. Minyak ini berguna untuk kosmetik, terutama untuk produk perawatan kulit, karena merupakan alternatif untuk minyak mink (pelembab extra untuk kulit).

Lalu berapa kira-kira harga kacang ini? Harga kacang Macadamia kupas berkisar antara $30 sampai $40/kg alias kisaran Rp 350-450 ribu per kilonya lho. Kamu berminat mencoba membelinya nggak?