Brilio.net - Selama ini kaum difabel masih kerap termarjinalkan. Sering kali banyak layanan produk dan jasa tidak menyediakan fasilitas untuk mereka yang berkebutuhan khusus, misalnya saja untuk orang yang berjalan dengan kursi roda. Selain itu masih banyak fasilitas umum yang belum menyediakan ruang khusus bagi mereka.

Ada cerita dari Kusumawati, warga Jakarta, untuk difabel. Kusumawati mengaku terbantu dengan layanan salah satu penyedia jasa taksi, yang memfasilitasi layanan khusus untuk kaum difabel. Utami yang saat itu mengantarkan ayahnya yang sedang sakit dan sulit berjalan, merasa bersyukur dengan keberadaan layanan tersebut.   

Layanan yang diberi nama Life Care sebuah perusahaan taksi tersebut memungkinkan kursi penumpang bagian kiri bisa dikeluarkan untuk lifting pasien. "Pagi tadi baru antar papa pakai taksi jenis ini, ternyata sangat-sangat membantu, kita tinggal dudukkan pasien ke lifting chairnya, terus pasien masuk ke dalam taksi menggunakan system hydrolic," tutur Utami seperti dikutip brilio.net, Sabtu, (19/12) dari akun Facebooknya.

Utami juga senang dengan drivernya yang sopan dan bersedia membantu memindahkan pasien dari kursi roda ke kursi mobilnya. Dan yang terpenting bagi Utami, biaya tidak mahal dan sama dengan tarif taksi biasa. "Tadi dari rumah di sekitar RM Mei Zhou, Mangga Besar, Jakarta ke RS Mitra Kemayoran, pulang pergi hanya sekitar 70.000," lanjut Utami. Padahal untuk biayanya dari RS ke Jakarta Pusat, jika menggunakan ambulans terkadang biayanya lebih mahal.