Brilio.net - Pebisnis pakaian Spanyol, Amancio Ortega, dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia oleh Forbes, sebagaimana brilio.net kutip dari Elpais, Jumat (23/10). Majalah bisnis tersebut memperbaharui rangking terbarunya, memperhitungkan kenaikan terbaru nilai pasar saham dari kelompok perusahaan Inditex milik Ortega.

Saham untuk Inditex milik ortega ini meliputi merek fashion global seperti Zara, Massimo Dutti, Bershka, Oysho, Pull and Bear dan Stradivarius, mencapai nilai tertinggi sepanjang waktunya pada Jumat ini. Sehingga memberikan keuntungan bagi pendirinya sekitar 70 miliar euro untuk pertama kalinya.

Forbes mencatat pada hari Jumat ini kekayaan Ortega mencapai USD 79,6 miliar (1 USD=Rp 13.600). Angka tersebut mendongkrak dirinya melewati angka kekayaan pendiri Microsoft, Bill Gates.

Sementara majalah Bloomberg belum menempatkan Ortega pada posisi tertinggi dalam daftar orang-orang terkayanya. Sebab, kekayaan Ortega meliputi banyak perusahaan yang bergerak di banyak bidang seperti properti sehingga perhitungannya tidaklah mudah.

Ortega sendiri memiliki 59,294% saham Inditex senilai 62.3 miliar Euro. Nilai saham Inditex telah dikalikan dalam beberapa tahun terakhir, dengan ketua Pablo Isla baru ini diakui sebagai eksekutif ketiga yang paling sukses di dunia oleh Harvard Business Review.

Loading...

Ortega memulai mendirikan perusahaan gaun pakaian perempuan di A Coruna lebih dari 50 tahun yang lalu, dan membuka toko Zara pertamanya di Kota Galicia pada tahun 1975 sebelum merambah ke seluruh Spanyol. Ia mendirikan Inditex sebagai holding kelompok perusahaan pakaian pada 1985 dan membuka toko internasional pertamanya, di Porto, pada tahun 1988, dengan cepat berkembang ke New York (1989) dan Paris (1990).

Hingga saat ini, Inditex terdiri dari delapan merek utama dan menawarkan lebih dari 6.700 toko di 88 negara, dan mempekerjakan lebih dari 140.000 orang.

RECOMMENDED BY EDITOR