Brilio.net - Hari ini, Kamis (7/1), Kota Yogyakarta memiliki hajatan besar, penobatan Dalem Kangjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam kaping Sadasa ing Praja Dalem Kadipaten Pakualaman, atau pelantikan Paku Alam X sebagai adipati baru Kadipaten Pakualaman. Pengambilan sumpah dilakukan di Bangsal Sewataman Pura Pakualaman.

Seiring acara ini, KBPH Suryodilogo atau yang memiliki nama kecil  Raden Mas Wijoseno Hario Bimo resmi dinobatkan sebagai KGPAA Paku Alam X menggantikan ayahandanya Paku Alam IX yang wafat 21 November 2015 lalu.

Selain Sri Sultan Hamengkubowono X, kegiatan dihadiri sejumlah pejabat Tanah Air, seperti presiden kelima Megawati Soekarno Putri dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Sejumlah pejabat penting lainnya juga turut hadir.

Jumenengan Paku Alam X jadi trending topic, warga Yogya mendoakan

Acara jumenengan ini mendapat sambutan luas dari masyarakat, khususnya Yogyakarta. Di kalangan netizen, acara bersejarah ini juga mendapat sambutan luas, hingga menjadi trending topic. Sejumlah ucapan selamat dan mendoakan disampaikan kepada Paku Alam X yang baru saja dilantik.

Salah satu tokoh nasional yang ditemui brilio.net Buya Syafii Maarif juga menitipkan pesan kepada Paku Alam X. "Semoga dekat dengan rakyat karena dia juga di pemerintahan. Saya rasa dia siap," ujar mantan Ketua PP Muhammadiyah tersebut.