Brilio.net - Jika sebelumnya akun facebook seseorang yang sudah meninggal akan terkunci secara otomatis atau statusnya menjadi “memorialized” tidak lagi sekarang. Facebook kini memunculkan inovasi baru yang memungkinkan orang lain menjadi ahli waris untuk merawat akun yang telah ditinggalkan pemiliknya tersebut.

Dimulai dari pengguna facebook di Amerika, saat ini mereka dapat menentukan ahli waris yang dapat merawat akun mereka setelah mereka meninggal. Ahli waris ini bisa membuat postingan terbaru, menerima permintaan sebagai teman, mengganti foto profil, dan juga foto sampul. Selain itu, jika sebelumnya para pengguna facebook tidak bisa menghapus akunnya, saat ini akun seseorang sudah bisa dihapus jika memang sudah meninggal.

Cara pengaturannya cukup mudah, cukup klik simbol segitiga terbalik yang ada pada bagian kanan atas halaman facebookmu, lalu pilih opsi “setting” kemudian pilih “security.” untuk pengguna facebook di Amerika Serikat nantinya akan menemukan opsi mengenai “edit legacy contact” atau ahli waris yang juga merupakan pengguna facebook.

Namun, facebook tidak akan mengirim notifikasi pada ahli waris yang telah ditunjuk tadi sebelum status facebook berubah menjadi “memorialized”. Tapi kamu bisa saja menginformasikan secara personal pada ahli warismu terkait hal tersebut. Facebook nantinya juga akan mengirimkan pemberitahuan perihal ahli waris ini tiap tahunnya yang memungkinkan kamu untuk menggantinya.

Status facebook seseorang akan berubah menjadi “memorialized” jika ada yang melaporkan bahwa penggunanya telah meninggal dan mampu memberikan bukti mengenai hal itu. Status “memorialized” ini diberlakukan oleh facebook untuk menghindari munculnya akun pengguna yang telah meninggal tadi pada kolom “suggested friends” atau teman yang disarankan.