Brilio.net - Hari raya Idul Adha tentu tak akan lepas dari penyembelihan hewan kurban. Dalam aturan agama Islam terdapat beberapa syarat yang sudah ditentukan dan harus dipenuhi dalam memilih hewan kurban. Salah satunya adalah standar kesehatan hewan yang akan dijadikan kurban harus diawasi.

Membeli hewan kurban tak boleh sembarangan. Salah satu syarat hewan bisa dijadikan kurban adalah sehat dan bebas dari berbagai penyakit. Kesehatan hewan kurban sangat harus diperhatikan karena selain memenuhi syarat secara agama, persyaratan secara medis juga terpenuhi.

Seperti dirangkum brilio dari berbagai sumber, Selasa (22/9 Ternyata pemeliharaan dan standar kesehatan di berbagai negara  berbeda-beda. Berikut standar hewan kurban di beberapa negara.

1. Rusia

Di Rusia, muslim tidak boleh melakukan kurban di wilayah perkotaan. Hal itu karena adanya keberatan dari Dewan Kota dan aktivis lingkungan. Meskipun demikian, pemerintah tetap membantu muslim dalam menjalankan Idul Adha, salah satunya adalah memberikan bantuan kesehatan untuk mengecek kondisi hewan-hewan yang dikurbankan.

Loading...

2. Bangladesh

Pemerintah Bangladesh menerapkan aturan ketat dalam hal impor hewan kurban. Hanya hewan kurban yang benar-benar sehat yang bisa masuk. Di Bangladesh dalam merayakan Idul Adha, tim medis khusus diterjunkan untuk memeriksa jutaan hewan kurban. Hal ini karena ada indikasi penggunaan steroid, sebuah obat untuk menggemukkan hewan ternak, yang dilakukan oleh para penjual. Memakan daging bersteroid ini sendiri dapat mengakibatkan kanker dan gagal ginjal.

3. Arab Saudi

Aturan keras diberlakukan oleh Arab Saudi terkait kesehatan hewan kurban, terutama menjelang Idul Adha. Salah satu fatwa yang dikeluarkan oleh Kingdom’s General Presidency of Religious Research yaitu hewan kurban tidak boleh sakit ,buta ,lumpuh, dan tampak kurus.

4. Malaysia

Di Negeri Jiran, salah satu badan usaha bernama ‘Meats Trading Sdn Bhd’ menyediakan hewan kurban. Selain menjual hewan kurban, khususnya sapi, badan usaha ini juga berusaha agar hewan yang dijual tetap sehat. Salah satu cara yang digunakan adalah memandikan hewan kurban.

5. India

Masyarakat India tidak memakan sapi karena dianggap hewan suci oleh mayoritas penduduk beragama Hindu. Umat Islam di India menyembelih domba dan kerbau ketika Idul Adha. India masih termasuk negara yang belum dinyatakan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku Sapi (PMK) sehingga kesehatan hewan kurban belum terjamin.

RECOMMENDED BY EDITOR