Brilio.net - Berkunjung ke luar negeri adalah mimpi bagi kebanyakan orang Indonesia. Malah ada beberapa yang ingin tinggal di luar negeri. Bayangan sebagian orang Indonesia tentang luar negeri adalah tempat yang keren, bersih, modern, dan tertib. Ini membuat beberapa orang Indonesia melakukan hal-hal  yang unik dan nggak biasa.

Kira-kira apa saja ya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, hal-hal yang orang Indonesia lakukan ketika pertama kali menginjakkan kaki di luar negeri. Kamu juga termasuk nggak?

1. Selfie depan pesawat

Ini yang dilakukan orang Indonesia ketika sampai di luar negeri

foto: blog.travelio.com

Loading...

Bepergian ke luar negeri pastilah kamu naik pesawat. Tidak mungkinkan kamu misalnya pergi ke Eropa tapi naik kereta api. Setelah menempuh perjalanan jauh lewat udara, sesampai di bandara kegiatan yang lumrah dilakukan adalah foto selfie dulu. Foto selfienya di depan pesawat, dan biasanya dengan caption bersyukur seperti "Alhamdulillah sudah sampai dengan selamat di Berlin, Jerman." Hayo kamu yang pernah keluar negeri gini juga nggak?

2. Update status di media sosial

Ini yang dilakukan orang Indonesia ketika sampai di luar negeri

foto: andry @brilio

Pandangan orang Indonesia jika pergi ke luar negeri adalah hal yang mewah dan nggak semua orang bisa. Ini membuat pergi ke luar negeri adalah suatu hal yang membanggakan. Selain memang tipikal orang Indonesia itu suka pamer. Adanya media sosial, membuat orang Indonesia bisa menunjukkan kepada orang lain kalau dia lagi di luar negeri.

3. Cari teman se-perantauan

Ini yang dilakukan orang Indonesia ketika sampai di luar negerifoto: kaskus.com

Sifat khas orang Indonesia itu salah satunya adalah suka berinteraksi sosial. Warisan leluhur kita yang mengajarkan ramah tamah membuat kita susah untuk hidup sendiri. Ini membuat kita agak bingung ketika berada di luar negeri seperti di Eropa. Apalagi jika negara yang kita kunjungi itu masyarakatnya tipikal individualis. Makanya kalau diperhatikan, ada banyak sekali perkumpulan orang Indonesia di luar negeri. "Ketika aku ke Belanda beberapa tahun yang lalu, rasanya sepi banget. Walaupun di sini orangnya ramah-ramah, tapi rasanya ada yang kurang kalau nggak ketemu sesama orang Indonesia. Jadi nggak beberapa lama aku di sini ya langsung berusaha cari orang Indonesia yang ada disini juga. Sekadar untuk teman cerita aja sih," cerita Rizki kepada brilio.net (1/12), yang beberapa tahun yang lalu pergi ke Belanda untuk melanjutkan studi.

4. Cari tempat yang instagram-able

Ini yang dilakukan orang Indonesia ketika sampai di luar negeri

foto: kotajogja.com

Instagram sekarang memang jadi media sosial yang paling diminati orang Indonesia. Karena Instagram bisa menjadi ajang pamer foto dan video. Lihat saja kasus taman bunga di Gunung Kidul beberapa hari yang lalu. Demi pamer di Instagram, orang-orang berebut untuk foto di taman bunga itu, nggak peduli walau tamannya jadi rusak. Ini nggak jauh beda ketika orang Indonesia berada di luar negeri. Salah satu yang dicari adalah tempat instagram-able, yang orang lain nggak akan nyangka kalau itu di luar negeri.

Bonus:

5. Cari nasi

Ini yang dilakukan orang Indonesia ketika sampai di luar negerifoto: beritauaja.com

Yah, namanya juga orang Indonesia. Nggak makan kalau nggak ketemu nasi. Walau sudah makan roti dua potong tetap saja merasa belum kenyang. Jadi nasi menjadi barang paling dicari ketika sampai di luar negeri, apalagi negara yang jarang ada nasi. "Beberapa temanku sampai sakit gara-gara nggak ketemu nasi," ungkap Putri, yang setahun lalu berkunjung ke China, untuk study banding kampus.

RECOMMENDED BY EDITOR