Brilio.net - Memiliki waktu luang biasanya sering dialami oleh para mahasiswa tingkat akhir atau mereka yang sedang mengerjakan skripsi atau tugas akhir. Kamu yang sedang menempuh semester akhir pastinya sudah menyelesaikan kuliah teori maupun kuliah praktikum sebelum akhirnya berkutat dengan skripsi. Jika biasanya kamu sibuk dengan kuliah dan praktikum, dan sekarang kamu hanya sibuk dengan skripsi, kamu akan punya banyak waktu luang.

"Saya sering menghabiskan waktu di kos, sih. Biasanya kalau suntuk ngerjain skripsi, ya paling marathon nonton film," ujar Yunita Tri Astuti, mahasiswa semester 7, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, kepada brilio.net, Jumat (18/12).

Menurut Yunita yang kini tengah menyelesaikan skripsinya itu, waktunya memang hanya digunakan untuk fokus skripsi dan bimbingan dengan dosen pembimbingnya di kampus, karena ia sudah tak ada tanggungan kuliah ataupun praktikum. Tak hanya Yunita, berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan mahasiswa tingkat akhir yang hanya tinggal menyelesaikan skripsi di waktu senggangnya, yang telah dihimpun brilio.net:

1. Marathon nonton film

Ini yang biasa dilakukan mahasiswa tingkat akhir, bener nggak? foto: quickmeme.com

Seperti yang dilakukan Nita, panggilan akrab Yunita, mahasiswa yang punya hobi nonton film bisa mengasah kembali hobinya saat waktu senggang. Eits, jangan lupa sama skripsi ya tapinya.

2. Jalan-jalan ke mall

Ini yang biasa dilakukan mahasiswa tingkat akhir, bener nggak?

foto: humor.bohuat.com

Dulunya sibuk kuliah dan praktikum pastinya membuat kamu kehilangan banyak waktu untuk jalan-jalan. Nah, saat kamu berada di semester akhir dan hanya tinggal menyelesaikan skripsi ini, kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk jalan-jalan.

3. Kerja part time

Ini yang biasa dilakukan mahasiswa tingkat akhir, bener nggak? foto: majalahberita855.com

Ingin mengisi kesenggangan waktu sembari mengerjakan skripsi dengan kegiatan yang bermanfaat? Kamu bisa mengisinya dengan kerja part time. Tapi ingat ya, kerja part time tersebut tak boleh sampai mengganggu skripsimu.

4. Main ke perpustakaan

Ini yang biasa dilakukan mahasiswa tingkat akhir, bener nggak? foto: id.memegen.com

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau mahasiswa tingkat akhir yang sedang skripsi lebih banyak menghabiskan waktu di perpustakaan daripada di tempat lain.

5. Hang out dengan sahabat

Ini yang biasa dilakukan mahasiswa tingkat akhir, bener nggak?

foto: memebucket.com

Kalau pas kuliah kamu sibuk berkegiatan dengan kuliahmu, dan jarang kumpul dengan sahabat, saat tanggunganmu hanya tinggal skripsi saja, kamu bisa mengisi waktu luangmu di sela-sela skripsi itu dengan nongkrong bersama sahabat.

6. Pacaran

Ini yang biasa dilakukan mahasiswa tingkat akhir, bener nggak?

foto: memegen.com

Kamu dan dia sama-sama sibuk kuliah di semester sebelumnya, dan kini kamu dan dia sama-sama tinggal mengerjakan skripsi saja sebelum menyelesaikan jenjang strata 1 perguruan tinggi, tak ada salahnya dong mengisi waktu luang untuk quality time bareng dia?

7. Banyak-banyak beribadah

Ini yang biasa dilakukan mahasiswa tingkat akhir, bener nggak? foto: reactivatecrc.com

Hei, usaha saja tak cukup, lho. Kamu pun harus mulai rajin beribadah kepada Tuhan agar skripsimu diberi kemudahan dan kelancaran. Setuju?

8. Pulang ke kampung halaman

Ini yang biasa dilakukan mahasiswa tingkat akhir, bener nggak?

foto: sobatandroid.com

Kalau kampung halamanmu dan kota tempat kampusmu berada tergolong dekat, kamu bisa lebih sering untuk pulang ke rumah, menemui orangtua, sekaligus mengerjakan skripsi di rumah. Mungkin kamu justru bisa lebih fokus dalam mengerjakannya.

9. Piknik!

Ini yang biasa dilakukan mahasiswa tingkat akhir, bener nggak? foto: panduaji.tumblr.com

Kamu suka ditinggal pergi-pergi sama dosen pembimbingmu, sehingga sulit bagimu untuk sekadar bimbingan skripsi? Tenang, ada baiknya kamu juga ikut pergi-pergi saja, piknik bersama teman-temanmu untuk menghilangkan penat sejenak sebelum kembali berkutat dengan skripsi.

10. Mengasah hobi dengan masuk ke komunitas

Ini yang biasa dilakukan mahasiswa tingkat akhir, bener nggak? foto: vlisa.com

Hei, sudah saatnya kamu keluar dari zona nyaman dan berkenalan dengan lingkungan yang baru. Sembari mengerjakan skripsi, kamu juga bisa mengasah lagi hobimu, dan masuk ke komunitas-komunitas yang membuatmu tertarik. Dijamin seru!