Brilio.net - Sebagai seseorang yang berasal dari keluarga dengan adat Jawa, tak heran rangkaian prosesi pernikahan putra sulung Jokowi pun dilaksanakan dengan adat Jawa selama tiga hari berturut-turut. Seperti layaknya dalam kehidupan Jawa yang penuh dengan filosofi, prosesi upacara adat Jawa pun demikian, kental dengan filosofi.

Lalu bagaimana sebenarnya tahapan upacara pernikahan adat Jawa? Ini dia jawabannya seperti yang telah dirangkum brilio.net dari Peta Budaya Kemendikbud Rabu (10/6).

1. Nembung atau Melamar
Pada tahap ini sangat dibutuhkan peranan seorang perantara. Perantara ini merupakan utusan dari keluarga calon pengantin pria untuk menemui keluarga calon pengantin wanita. Biasanya, utusan datang ke rumah keluarga calon pengantin wanita bersama calon pengantin pria dan orangtuanya.

Dari pihak mempelai wanita pun juga menggunakan perantara sebagai juru bicaranya. Tujuannya adalah untuk melamar atau mengikat calon mempelai wanita dengan peningset. Peningset ini merupakan suatu simbol bahwa calon pengantin wanita sudah diikat secara tidak resmi oleh calon pengantin pria. Peningset biasanya berupa kalpika (cincin), sejumlah uang, dan oleh-oleh berupa makanan khas daerah.

2. Pasang tarub dan janur atau bleketepe

Ini tahapan pernikahan adat Jawa seperti yang digelar keluarga Jokowi

Langkah selanjutnya yaitu pemasangan tarub menjelang hari pernikahan. Tarub dibuat dari daun kelapa yang sebelumnya telah dianyam dan diberi kerangka dari bambu, dan ijuk sebagai talinya.

Bersamaan dengan pemasangan tarub, dipasang juga tuwuhan. Yang dimaksud dengan tuwuhan adalah sepasang pohon pisang raja yang sedang berbuah, yang dipasang di kanan kiri pintu masuk. Pohon pisang melambangkan keagungan dan mengandung makna berupa harapan agar keluarga baru ini nantinya cukup harta dan keturunan.

3. Siraman
Upacara siraman biasanya dilakukan sebelum malam midodareni, tempat siraman biasanya dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai sendang yang dikelilingi tanaman beraneka ragam. Calon pengantin akan 'dimandikan' oleh sesepuh dalam keluarga yang berjumlah tujuh orang.

Setelah siraman, calon pengantin membasuh wajah (istilah Jawa: raup) dengan air kendi yang dibawa oleh ibunya, kemudian kendi langsung dibanting/dipecah sambil mengucapkan kata-kata 'cahayanya sekarang sudah pecah seperti bulan purnama'.

Setelah itu, calon pengantin langsung dibopong oleh ayahnya ke tempat ganti pakaian. Setelah berganti busana, dilanjutkan dengan acara potong rambut yang dilakukan oleh orangtua pengantin wanita. Setelah dipotong, rambut dikubur di depan rumah. Setelah rambut dikubur, dilanjutkan dengan acara 'dodol dawet'

Ini tahapan pernikahan adat Jawa seperti yang digelar keluarga Jokowi

Yang berjualan dawet adalah ibu dari calon pengantin wanita dengan dipayungi oleh suaminya. Uang untuk membeli dawet terbuat dari kreweng (pecahan genting ) yang dibentuk bulat. Upacara dodol dhawet dan cara membeli dengan kreweng ini mempunyai makna berupa harapan agar kelak kalau sudah hidup bersama dapat memperoleh rezeki yang berlimpah-limpah.

4. Malam Midodareni
Menginjak rangkaian upacara selanjutnya yaitu upacara midodareni. Berasal dari kata widadari, yang artinya bidadari. Midodareni merupakan upacara yang mengandung harapan untuk membuat suasana calon penganten seperti widadari. Artinya, kedua calon penganten diharapkan seperti widadari-widadara, di belakang hari bisa lestari, dan hidup rukun dan sejahtera.

5. Akad Nikah

Ini tahapan pernikahan adat Jawa seperti yang digelar keluarga Jokowi

Adalah inti dari acara perkawinan. Biasanya akad nikah dilakukan sebelum acara resepsi. Akad nikah disaksikan oleh sesepuh dan orang tua dari kedua calon pengantin dan orang yang dituakan. Pelaksanaan akad nikah dilakukan oleh petugas dari catatan sipil dan penghulu.

TRENDING NEWS:

Siapa sebenarnya ibua danabapakadari Masha? Ini penjelasannya

Kisah tragis episode terakhir Tom dan Jerry

Siapa gerangan wanita penenun di uang kertas Rp 5.000?

Abdul Jhalil & Khotijah, 'pengantin' yang dinikahkan lalu digiling

BACA JUGA:

Bukannya patroli, motor polisi ini digunakan pelajar ke sekolah

Tak ditangkap, pencuri ini justru diberi banyak makanan oleh polisi

Bikin jera, polisi paksa pemilik sepeda motor dengerin suara knalpot

Gara-gara nakal, ibu ini minta polisi tangkap anak kandungnya

Tolak menilang, polisi ini malah minta 'damai' dengan sebungkus rokok

Profesi yang dianggap sepele ini bantu polisi ungkap kejahatan

Ini cara mudah mengadukan polisi nakal

12 Pelanggaran lalu lintas yang jadi incaran tilang polisi, catet!