Brilio.net - Kubah bukan berasal dan berakar dari arsitektur Islam. Hal itu karena memang ajaran Islam tak membawa secara langsung tradisi budaya fisik. Islam tidak mengajarkan secara konkret tata bentuk arsitektur.

Nah, sejarah model kubah pada masjid ini diawali dari Masjid Qubbat as Sakhrah. Ini menjadi masjid pelopor penggunaan kubah berbentuk setengah bola sebagai penutup masjid. Kini gaya itu menjadi ciri bangunan masjid di seluruh dunia.

Masjid Qubbat as Sakhrah atau sering disebut juga Masjid Kubah Batu adalah sebuah bangunan yang terletak di tengah-tengah kompleks al Haram asy Syafii, Yerussalem. Qubbat as Sakhrah juga sering disebut Dome of the Rock. Di dalamnya terdapat sebuah batu besar yang dikatakan tempat berdirinya Rasulullah SAW hendak naik ke langit di dalam peristiwa Isra' Mi'raj.

Ini masjid pertama yang memakai kubah di atapnya, dibangun tahun 685

Ini masjid pertama yang memakai kubah di atapnya, dibangun tahun 685

Dikutip brilio.net dari buku Sejarah Ibadah karya Syahrudin El Fikri, Rabu (8/7), pembangunan masjid ini dimulai ketika Yerussalem jatuh ke dalam kekuasaan Islam pada era Khalifah Umar bin Khattab. Terletak di Baitul Maqddis, Qubbat as Syakhrah dalam seni bangunan agung Islam pertama yang didirikan antara tahun 685-691 M oleh Khalifah Bani Umayyah, Abdul Malik bin Marwan. Kubah ini dibangun setengah tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Pembangunan masjid berkubah ini sepenuhnya dikerjakan oleh dua arsitek muslim dari Palestina, Raja' bin Hayat dan Yazid bin Salman. Masjid ini dipenuhi ukiran model Bizantium. Di dalamnya terdapat mihrab-mihrab besar berjumlah 13 buah dengan masing-masing terdiri atas 104 mihrab kecil.

Jika kita menghadap masjid ini, sebelah kanan terdapat dinding yang menurun ke bawah yang merupakan tembok Al Buraq atau Tembok Ratapan, yaitu tempat yang dikatakan suci oleh orang Yahudi. Orang Yahudi dan Kristian tidak dibenarkan berada di kawasan al Haram asy Syarif ini kecuali beberapa hari tertentu dalam setahun.

 

BACA JUGA:

Satu-satunya di dunia, masjid ini punya dua arah kiblat

Jaga kerukunan, warga beda aliran bisa gantian berjamaah di masjid ini

Masjid di Iran ini memantulkan cahaya pelangi, bikin kamu terpukau

5 Masjid di dunia ini arsitekturnya keren banget, Allahu Akbar!

Tak cuma tempat shalat, masjid ini juga pengadilan masalah keagamaan

Dikenal masjid Kremlin, apa kaitan masjid di Sleman ini dengan Rusia?

Kemegahan Masjid Demak, tempat Wali Songo bermusyawarah adakan sekaten

Ini lho masjid tertua di Indonesia

Masjid unik, dibangun pekerja Kristen dan dicat warna pink