Brilio.net - Pada akhirnya, suatu pekerjaan tak akan terus menerus ada dan tersedia sepanjang waktu. Untuk itu, tak ada salahnya kamu untuk mulai menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirimu sendiri dengan belajar bisnis mulai dari sekarang. Tak jarang anak muda yang telah berpikir jauh ke depan dan memimpikan untuk mapan secara finansial mendapat julukan “materialistis”. Padahal, tersimpan banyak cita-cita mulia di balik keinginan untuk mapan di usia muda.

"Anak muda itu masih dinamis, belum berpikir kompleks seperti orangtua. Lebih mudah untuk belajar banyak hal, terutama dunia bisnis," ujar Muhammad Fauzi Masykur, co-founder Pilamo.com Web Studio, kepada brilio.net, Kamis (26/11).

Mahir dalam berbisnis di usia muda merupakan salah satu aset yang bisa kamu punya untuk pada akhirnya nanti mapan secara finansial. Tak hanya itu, dengan belajar berbisnis sedari muda, kamu tak hanya menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirimu sendiri, tetapi juga untuk orang lain yang membutuhkan pekerjaan. Selain hal-hal diatas, manfaat-manfaat berikut ini juga akan kamu dapatkan bila kamu belajar bisnis sedari muda, yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (26/11).

1. Kamu bisa berproses lebih jauh terhadap segala kegagalan yang menghadang

Ini manfaat memulai bisnis sedari muda, kamu harus coba

Loading...

foto: entrepreneurialambitions.com

Kamu masih muda artinya masih punya banyak jatah gagal. Saatnya untuk menghabiskan jatah gagalmu di dunia bisnis dengan terus berproses dan belajar dari banyak kegagalan yang menimpamu. Jadikan kegagalan-kegagalan tersebut pelajaran berharga untuk target bisnismu.

2. Lebih peka terhadap kesempatan di luar sana

Ini manfaat memulai bisnis sedari muda, kamu harus cobafoto: netsedu.org

"Bisnis itu lahir karena melihat kesempatan, dengan belajar bisnis sedari muda, kami bakal lebih peka terhadap banyak kesempatan yang ada di luar sana," kata lelaki yang kini tengah membangun bisnis bersama 5 rekannya itu.

3. Belajar membangun jaringan atau network

Ini manfaat memulai bisnis sedari muda, kamu harus coba

foto: britishlearningacademy.org

Selagi muda, tentunya kesempatan bertemu dengan banyak orang semakin lebar dan merupakan peluang yang bagus untuk membangun jaringan atau networking.

4. Kamu dapat juga belajar memosisikan dirimu dari banyak sudut pandang

Ini manfaat memulai bisnis sedari muda, kamu harus cobafoto: investopedia.com

"Bisnis apapun itu pasti inginnya menuju ke arah yang lebih baik, untuk itu belajar memosisikan diri dari sudut pandang pembeli, investor dan tim sangat penting," jelas Fauzi lagi.

5. Kamu akan belajar lebih lagi tentang kepemimpinan

Ini manfaat memulai bisnis sedari muda, kamu harus coba

foto: businessbewareshow.com

Memiliki bisnis sendiri berarti kamu harus siap untuk memimpin timmu, dan juga yang paling penting adalah menjadi pemimpin untuk dirimu sendiri.

6. Kamu akan menjadi seorang yang lebih menghargai uang

Ini manfaat memulai bisnis sedari muda, kamu harus cobafoto: jtbconsulting.co.za

Uang yang kamu dapatkan itu berasal dari bisnismu sendiri. Dengan demikian kamu tentunya mengerti betapa sulit dan perjuangan yang kamu lakukan untuk sampai di titik tersebut. Maka dari itu, kamu akan selalu menghargai seberapapun uang dan penghasilan yang kamu dapat. Dan tidak menghambur-hamburkannya.

7. Sikap senang berkompetisi secara sehat akan tumbuh

Ini manfaat memulai bisnis sedari muda, kamu harus coba

foto: youngentrepreneurlifestyle.com

Semua bisnis pasti ada pesaingnya, pebisnis yang baik akan senang berkompetisi dengan cara yang sehat lewat inovasi-inovasinya.

8. Menjadi pebisnis sedari muda akan memberimu kebebasan

Ini manfaat memulai bisnis sedari muda, kamu harus coba

foto: whoisjazziithevoice.com

Tidak ada lagi waktu kerja dari jam 9 pagi sampai 5 sore selama 5 hari dalam seminggu. Kamu pun tidak lagi perlu bingung memilih setelan kerja apa yang harus kamu kenakan di hari itu. Saat butuh keluar kantor di jam kerja kamu tidak perlu repot minta izin ke bos. Apalagi jika masih ada tanggungan pekerjaan.

9.  Menghargai uang membuatmu realistis, bukan materialistis

Ini manfaat memulai bisnis sedari muda, kamu harus cobafoto: business2community.com

Hidup itu penuh cobaan dan tantangan. Ada harga yang harus dibayar untuk bertahan. Kebutuhan akan makan, tempat tinggal, sandang, dan pendidikan adalah kebutuhan pokok umat manusia.  Belum lagi berbagai kebutuhan sekunder yang tak mungkin bisa disebut satu-persatu.

Untuk mencukupi segala kebutuhan itu, kamu tahu, kamu memerlukan uang. Inilah yang justru melecutmu untuk selalu bekerja keras dan berhemat. Pemahaman bahwa uang itu penting menjadikanmu mampu meraih kebebasan finansial lebih cepat.

10. Kamu akan memahami pentingnya kerja keras dan disiplin

Ini manfaat memulai bisnis sedari muda, kamu harus cobafoto: business2community.com

Saat bekerja dengan orang lain, kamu akan dituntut untuk mengeluarkan kemampuan terbaikmu demi keuntungan perusahaan. Terkadang performamu akan naik turun, dan biasanya perusahaan akan memakluminya. Hal ini tidak lagi bisa kamu lakukan saat bekerja untuk mengembangkan bisnismu sendiri.

Kamu punya otonomi dan kebebasan yang besar, tapi kamu pulalah yang memegang kendali. Setiap hari kamu akan dihadapkan pada tuntutan untuk terus mengeluarkan kemampuan terbaik yang kamu miliki. Konsistensi dan disiplin adalah kunci dari kesuksesanmu.

Jadi, sudah siap untuk belajar bisnis sedari muda?

RECOMMENDED BY EDITOR