Brilio.net - Meninggalnya Gabriella Sheril (8), bocah kelas 3 SD, saat sedang berenang bersama teman-teman sekelasnya di kolam renang Global Sevilla School di Puri Kembangan, Jakarta Barat, baru-baru ini terjadi diduga karena adanya kelalaian dari pihak sekolah yang tidak secara menyeluruh mengawasi anak didiknya.

Bicara soal kelalaian, di luar kasus Gabriella, ternyata ada sejumlah kasus tragis serupa yang pernah terjadi di Tanah Air dan juga belahan dunia lain. Ironisnya, itu terjadi karena kelalaian orangtua mereka sendiri.

Nah, berikut beberapa contoh kematian anak akibat kelalaian sang orangtua, seperti dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (23/9):

1. Bayi meninggal karena ditinggal di dalam mobil

Kelalaian orangtua yang berujung kematian anak, tragis!

Loading...

Bayi yang masih berumur 22 bulan di Georgia, Amerika Serikat, meninggal karena kepanasan ditinggal sang ayah Justin Ross Harris di dalam mobil semalam 8 jam.

Tragedi yang terjadi pada 28 Juni 2014 itu disebabkan karena sang ayah lupa telah meninggalkan putranya di kursi mobil dan pergi kerja. Padahal rencananya, sang ayah akan menitipkan bayinya itu ke tempat penitipan anak. Harris tampak sangat terpukul ketika mengetahui putranya telah meninggal dunia.

2. Asyik mengejar ayam, kakak beradik di Depok tewas kecebur

Kelalaian orangtua yang berujung kematian anak, tragis!

Kelalaian orangtua juga menyebabkan nyawa anak melayang di Depok, Jawa Barat pada 28 Nopember 2014. Dua nyawa kakak beradik Fahtir (6) dan Fadel (2) warga kampung Cipayung, RT 02/04, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, tercebur ke dalam kolam sedalam 2,5 meter di belakang rumahnya.

Dua bocah itu asyik mengejar ayam milik salah satu tetangga mereka di belakang pekarangan rumah. Sangking semangatnya, bocah 2 tahun ini tergelincir dan masuk ke dalam kolam milik tetangganya. Panik melihat adiknya tercebur, sang kakak yang berumur 5 tahun langsung melompat ingin menyelamatkan adiknya.

Saat kejadian, orangtua dua bocah itu sedang di dalam rumah. Perhatian yang luput itu pun berujung pada kematian dua bocah itu.

3. Dua bayi meninggal di kamar mandi saat ditinggal ibunya

Kelalaian orangtua yang berujung kematian anak, tragis!

Jangan pernah meninggalkan anak kecil di kamar mandi sendirian jika tidak ingin kejadian di Perth, Australia pada 2013 ini terulang lagi. Dua anak kecil Lochlan James (2,5) dan Malachi Issac (10 bulan) ditemukan tewas di kamar mandi karena ibunya lupa jika anaknya masih berada di kamar mandi.

Sang ibu, Miranda Hebble (22) sengaja menaruh kedua anaknya di kamar mandi agar ia bisa leluasa membersihkan kamar tidur yang kotor. Karena kelelahan, Miranda Hebble tertidur selama sepuluh jam. Ia terkejut ketika teringat jika kedua anaknya masih di dalam kamar mandi dalam keadaan tertutup. Karena kelalaiannya, kedua anaknya pun sudah tak tertolong lagi.

4. Asyik BBM-an, anak meninggal

Kelalaian orangtua yang berujung kematian anak, tragis!

(credit: kompas.com)

Kejadian di Banyumas, Jawa Tengah, ini bisa jadi pelajaran. Seorang ibu melalaikan bayinya sehingga tewas tertimpa bantal. Kejadian pada tahun 2011 itu diceritakan seseorang bernama Titi dalam tulisannya di forum Kompasiana, 30 September 2011.

Menurut cerita tersebut, saat bapak dari bayi tersebut pulang dari tempat kerja sekitar pukul 11.45 WIB untuk melaksanakan shalat Jumat, ia mendapati sang bayi sudah lemas dan tak bersuara seperti biasa.

Sementara sang ibu tengah asyik menggunakan BlackBerry-nya di ruang tamu. Seketika itu juga sang bapak melarikan bayinya ke klinik untuk memeriksakan keadaan bayinya. Tapi malang, sang anak tak tertolong nyawanya. Setelah dokter menjelaskan semua keadaan yang ada, spontan sang bapak merampas BB istrinya itu dan melemparkan ke tembok klinik hingga hancur berantakan.

RECOMMENDED BY EDITOR