Brilio.net - Di antara salah satu hal yang dilakukan umat Islam untuk menghidupkan hari raya, baik itu Idul Fitri maupun Idul Adha, adalah mengumandangkan takbir. Sejak maghrib sehari sebelum hari raya, biasanya bacaan takbir sudah menggema di nama-mana. Lalu bagaimana hukum bacaan takbir itu?

Dikutip brilio.net dari buku Fiqih Puasa: Memahami Puasa, Ramadhan, Zakat Fitrah, Hari Raya, dan Halal bi Halal karangan Gus Arifin, ahli fiqih sepakat jika bacaan takbir diperintahkan pada dua hari raya dari pagi hari sampai menjelang shalat serta setelah shalat fardhu pada hari-hari haji (Hari Tasyrik). Menurut jumhur ulama, takbir dibaca dengan keras di rumah, masjid, pasar, dan di jalan-jalan sejak pagi hingga akan melaksanakan shalat.

Madzhab Syafii dan Hambali menganjurkan bertakbir secara mutlak sejak terbenamnya matahari pada malam dua hari raya. Tidak sunnah bertakbir secara muqoyyad (takbir sehabis shalat saja) pada malam Idul Fitri, berdasarkan keterangan yang sahih.

Menurut madzhab Hanafi dan Hambali, takbir itu ganda, yaitu: Allahu Akbar (2X), La Ilaha Illallahu, Wallahu Akbar, Allahu Akbar (2X) Walillahilhamd.

Sedangkan menurut madzhab Maliki dan Syafii dalam qaul jadidnya, takbir itu tiga kali, yakni: Allahu Akbar (3X), La Ilaha Illallahu, Wallahu Akbar, Allahu Akbar Walillahilhamd. Ini yang terbaik menurut madzhab Maliki, termasuk dengan tambahan: La Ilaha Illallahu, Wallahu Akbar, Allahu Akbar Walillahilhamd.

Loading...

Jelas bahwa ada perbedaan pendapat tentang jumlah takbir. Jadi tak perlu diributkan karena masing-masing mempunyai dasar.

BACA JUGA:

Kisah Nabi Zakaria tak henti-hentinya berdoa akhirnya dikaruniai anak

Kisah Wali Sanga, alat musik tradisional bikin orang masuk Islam

Kisah perpindahan agama seorang panglima di tengah tengah perang

Kisah Perang Hunayn, kemenangan kaum muslim yang sempat tercerai berai

Puasa dianggap cara jitu mendetoksifikasi tubuh, emangnya bener?

Ini daftar aplikasi yang berguna saat Ramadan, catat!

Jika kamu berpuasa, kamu akan dapat manfaat kesehatan ini

Begini cara menghentikan auto retweet dan auto follower di Twitter

Komentar orang Indonesia banjiri Instagram Victoria Beckham, kenapa?

Pingin makin eksis di Instagram? Tirulah pose para selebriti ini

Ini dia akun Instagram yang perlu difollow para cowok