Brilio.net - Selain nabati, sumber protein hewani juga sangat penting dan tak boleh begitu saja kamu abaikan lho, guys. Salah satu protein hewani yang tak boleh kamu lewatkan adalah protein yang berasal dari ikan. Yap! Tak melulu daging, susu, dan telur, protein hewani juga tinggi di dalam ikan.

Tak hanya itu, manfaat protein ikan ini juga baik untuk kesehatan organ hati. Ikan pun kaya akan asam lemak omega-3 yang nantinya akan menyeimbangkan tingkat kolesterol. Tapi, tak semua ikan baik dikonsumsi, lho. Nah, berikut ini ada 10 jenis ikan yang bisa kamu konsumsi dengan aman, yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (3/2).

1. Salmon

Ini dia jenis ikan yang memiliki nutrisi tinggi, bikin kamu sehat! foto: puspanendah.blogspot.com

Salmon memang ikan ajaib. Ikan ini memiliki dua jenis asam lemak omega-3. Dengan dua jenis asam lemak omega-3, salmon bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi kognitif dan fungsi otak pada anak-anak.

2. Lele

Ini dia jenis ikan yang memiliki nutrisi tinggi, bikin kamu sehat! foto: organichcs.com

Lele sangat baik untuk wanita, calon ibu, dan ibu muda. Mengapa? Karena lele memiliki kandungan rendah merkuri yang sangat baik untuk perempuan yang tengah hamil atau ibu menyusui.

3. Tuna

Ini dia jenis ikan yang memiliki nutrisi tinggi, bikin kamu sehat! fot: teropongbisnis.com

Jika kamu ingin ikan yang memiliki asam lemak omega-3 yang tinggi dan jumlah rendah merkuri, kamu harus mencoba mengonsumsi ikan tuna. Baik tuna segar, maupun tuna kaleng, memiliki manfaat yang sama.

4. Ikan Flounder atau  Ikan Sebelah

Ini dia jenis ikan yang memiliki nutrisi tinggi, bikin kamu sehat! foto: zulhamyusuf.blogspot.com

Ikan flounder adalah jenis ikan rendah merkuri yang dapat menyehatkan jantung dan mengandung sekitar 350 miligram EPA dan DHA. Satu bagian ikan flounder seberat 3 ons yang sudah dimasak mengandung sekitar 13 gram protein.

5. Ikan Makarel atau Mackerel

Ini dia jenis ikan yang memiliki nutrisi tinggi, bikin kamu sehat! foto: foodstyling-weymann.com

Yayasan Jantung di Amerika Serikat merekomendasikan mengkonsumsi ikan makarel untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, salah satu jenis makarel yang dikenal dengan Raja makarel atau King mackerel (Scomberomorus cavalla) mengandung kadar merkuri yang tinggi dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui atau anak balita. Atlantik mackerel dan Pasifik mackerel diketahui mengandung merkuri yang rendah dan per 4 ons mengandung hingga 2.100 miligram EPA dan DHA. Pintar-pintar memilih, ya.

6. Ikan Sardin atau Sarden

Ini dia jenis ikan yang memiliki nutrisi tinggi, bikin kamu sehat! foto: mencegahpenyakit.com

Ikan sarden juga direkomendasikan oleh Yayasan Jantung Amerika Serikat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Ikan sarden digolongkan sebagai jenis ikan yang sangat rendah merkuri.

7.  Ikan Herring

Ini dia jenis ikan yang memiliki nutrisi tinggi, bikin kamu sehat!

foto: darikelatekecopenhagen.blogspot.com

Ikan herring termasuk ikan yang rendah kadar merkuri, tinggi omega-3 dan direkomendasikan oleh Yayasan Jantung Amerika Serikat. Satu bagian ikan herring yang telah dimasak dengan berat 3 ons mengandung sekitar 20 gram protein.

8. Ikan Trout Air Tawar

Ini dia jenis ikan yang memiliki nutrisi tinggi, bikin kamu sehat! foto: pixabay.com

Ikan trout air tawar termasuk ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dan rendah kadar merkuri. Akan tetapi, bila ikan trout tersebut merupakan hasil tangkapan dari sungai atau danau, teliti terlebih dahulu apakah danau atau sungai tersebut tercemar dengan merkuri atau limbah berbahaya lainnya atau tidak.

9.  Ikan Haddock (Melanogrammus aeglefinus)

Ini dia jenis ikan yang memiliki nutrisi tinggi, bikin kamu sehat!

foto: ilhanulhakim.blogspot.com

Ikan haddock adalah jenis ikan rendah merkuri dan mengandung sejumlah manfaat dari asam lemak omega-3. Satu bagian ikan haddock seberat 3 ons mengandung sekitar 17 gram protein.

10. Ikan Pollock (Pollachius sp.)

Ini dia jenis ikan yang memiliki nutrisi tinggi, bikin kamu sehat!

foto: telegraph.co.uk

Ikan pollock seringkali dijadikan sebagai bahan pembuatan sate ikan, yang populer di kalangan anak-anak. Untungnya, ikan pollock rendah akan merkuri dan tinggi kandungan omega-3. Ikan pollock mengandung sekitar 600 miligram EPA dan DHA dalam setiap 4 ons.