Brilio.net - Kabut asap hingga saat ini masih menyelimuti Sumatera. Belum juga ada tanda-tanda usai, kabut asap juga telah menyerang Kalimantan dan pulau-pulau lainnya. Masyarakat setempat pun dibuat tak bisa leluasa beraktivitas gara-gara bencana asap.

Salah satu cara agar bisa terhindar dari bahaya asap yang terus berkelanjutan adalah dengan menggunakan masker. Tapi selain masker, ternyata ada cara lain yang dilakukan agar bisa bertahan di tengah kepungan asap.

Cara untuk bisa bertahan di tengah kepungan asap salah satunya dibuat oleh Adjie Bhakti. Pria asal Klaten ini membuat membuat desain sketsa alat bantu pernapasan yang bisa dipraktikkan di rumah, baik untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa.

Nah, berikut ilustrasi alat pernapasan buatan Adjie Bhakti:

Ini cara mudah tangkal kabut asap yang bisa kamu praktikkan di rumah

Loading...

Ini cara mudah tangkal kabut asap yang bisa kamu praktikkan di rumahFoto: Facebook Adjie Bhakti

Selain alat pernapasan yang didesain oleh Adjie Bhakti, cara untuk mendapatkan udara segar di dalam ruangan juga diterangkan oleh dokter Budi Leksono (52). Lulusan Queensland University Australia yang tinggal di Semarang ini memberikan dua cara untuk mendapatkan udara segar saat lingkungan terkepung oleh kabut asap.

Cara pertama dapat dilakukan dengan menyalakan filter kompor gas yang biasanya ada di atas kompor gas untuk dapur tertutup.

Ini cara mudah tangkal kabut asap yang bisa kamu praktikkan di rumahFoto: Facebook Dokter Budi

Tetapi jika ternyata di dapurmu belum dipasangi filter kompor gas, maka kamu bisa mencoba cara yang diberikan Budi Laksono dengan memanfaatkan kardus bekas dan exhaust fan. Cara membuat alat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Siapkan kardus mi instan, kapas atau dacron atau kain isolator. Jangan lupa siapkan exhaust fan.

Ini cara mudah tangkal kabut asap yang bisa kamu praktikkan di rumah

2. Lubangi bagian sisi samping kanan dan kiri kardus dengan lubang kecil-kecil.

3. Isi kardus dengan kapas atau dacron atau kain isolator

Ini cara mudah tangkal kabut asap yang bisa kamu praktikkan di rumahFoto: Facebook Dokter Budi

4. Pasang exhaust fan di salah satu sisi, bisa di kanan atau di kiri. Lalu tutup rapat kardus tersebut.

Ini cara mudah tangkal kabut asap yang bisa kamu praktikkan di rumahFoto: Facebook Dokter Budi

5. Setelah semua terpasang, saat exhaust fan dihidupkan, maka udara yang keluar dari kardus akan menjadi udara bersih layak hirup.

Menurut Budi Laksono, cara tersebut bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan menggunakan alat itu, maka udara yang ada di dalam ruangan akan disaring sehingga menjadi semakin bersih.

Sebarkan ke teman-temanmu yang daerahnya masih terkena asap parah ya. Semoga berguna dan selamat mencoba!

RECOMMENDED BY EDITOR