Brilio.net - Kamu tahu ritual Hodo di Situbondo, Jawa Timur? Salah satu tradisi memohon kepada Yang Maha Kuasa agar segera menurunkan hujan untuk kebutuhan hidup warga. Tradisi ini dimulai dengan ritual ditandai dengan mengucapkan doa-doa pujian dalam bahasa Madura, sambil diiringi alunan gamelan, hingga suasana pun terasa sangat sakral.

Lain lagi di Desa Ciseureuh, Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah. Masyarakat di sana menggelar tradisi Ngaguyang Kuwu untuk memohon turunnya hujan. Menurut Pemangku Adat Jalawastu, Ngaguyang Kuwu digelar ketika musim kemarau tak menunjukkan tanda-tanda berakhir. Lebih dari 3 bulan masyarakat di wilayah Jalawastu hidup dalam kekeringan. Sebagai bukti adalah surutnya air di Curug Rambu Kasang.

Banyaknya tradisi memohon turunnya hujan di Indonesia tak lepas dari kemajemukan adat istiadat serta kearifan lokal di kalangan masyarakat. Bagaimana dengan di luar negeri? Di luar negeri, hujan di sana ternyata bisa direkayasa. Rekayasa hujan sering dilakukan saat mempersiapkan perayaan besar seperti olimpiade, piala dunia dan lain sebagainya, hujan sengaja diturunkan beberapa hari sebelum acara diadakan sehingga pada saat acara dilangsungkan awan mendung di atas stadion atau tempat acara sudah habis dan hujan tidak akan turun lagi.

Hebatnya, kamu bisa menemukan sebuah perusahaan di Prancis bernama Oliver's Travel yang sengaja menyediakan jasa pawang hujan. Tidak tanggung-tanggung, bayaran yang mereka patok untuk satu hari acara sebesar £100,000 atau hampir Rp 2 miliar, tapi dengan harga fantastis ini oliver's travel menjamin 100% tidak akan turun hujan pada saat acara penting itu berlangsung. Dilansir dari dailymail, Jumat (30/10), merekalah yang menjadi pawang hujan ketika Olimpiade Beijing 2008, konser Paul McCartney dan pernikahan akbar pangeran William bersama Kate Middleton.

Kamu tentu memiliki pandangan berbeda, bisa percaya atau tidak. Kemarau yang panjang membuat banyak masyarakat di Indonesia mengharapkan untuk segera turun hujan, di luar negeri hujan malah di rekayasa sedemikian rupa agar turunnya sesuai pesanan.

Loading...
RECOMMENDED BY EDITOR