Brilio.net - Kaki dan telapak tangan hampir pasti akan terasa geli jika digelitikin. Bahkan kamu bisa tertawa terbahak-bahak karena merasa kegelian. Kenapa bisa begitu ya?

Setiap orang pasti memiliki bagian-bagian sensitif yang nggak tahan geli pada tubuhnya. Jika disentuh pada titik tersebut maka akan menghasilkan reaksi geli dengan tingkat yang bervariasi, tapi ada juga sih yang bahkan tidak merasakan sesuatu jika di kilik-kilik.

Seperti dikutip brilio.net dari wonderopolis, Jumat (5/6), telapak tangan dan kaki, leher serta ketiak merupakan bagian paling sensitif yang dimiliki hampir semua orang. Kenapa bisa sensitif?

Karena pada bagian itu terdapat banyak sekali saraf. Seberapa banyak? Menurut para peneliti, ada ribuan saraf yang terletak di bagian-bagian tersebut. Saraf-saraf terbut bahakan memiliki konsentrasi ujung saraf yang tinggi yang sangat depat sekali dengan permukaan kulit yang disebut korpuskel Meissner, sehingga membuat kita merasa geli ketika disentuh.

Tempat yang paling geli ternyata merupakan tempat yang sangat rentan terhadap serangan. Daerah-daerah tubuh ini menjadi lebih sensitif karena merupakan mekanisme tubuh untuk melakukan pertahanan sehingga membantumu terhindar dari cedera.

Pada ketiak terdapat pembuluh darah dan arteri, serta memungkinkan akses yang lebih leluasa ke jantung karena tulang rusuk sangkar tidak lagi memberikan perlindungan kepada rongga dada di sekitar ketiak.

Sama seperti ketiak, kaki juga memiliki saraf yang mengandung reseptor nyeri di dekat permukaan kulit yang jika disentuh maka dapat menghasilkan sensitivitas yang lebih besar. Ini makanya banyak orang yang nggak suka disentuh atau bahkan digelitiki telapak kakinya.

Merasa geli itu baik, sebab jika kamu tak merasakan reaksi apapun jika area sensitifmu disentuh, mungkin saja terjadi masalah pada reseptor saraf. Jika kamu kehilangan sensasi geli pada area sensitif, bis jadi hal itu merupakan gejala neuropati.

Lalu kenapa seseorang bisa tertawa terbahak-bahak jika digelitiki? Hal itu disebabkan karena faktor sosial saja. Maksudnya reaksi tertawa hanya akan dikeluarkan jika yang melakukan sentuhan adalah orang-orang terdekatmu. Coba kalau kamu menggelitiki orang asing atau yang nggak kamu kenal, wah, siap-siap aja kena gampar!