Brilio.net - Sadar atau tidak, saat ini sudah ada banyak sekali jenis program beasiswa yang ditawarkan untuk para siswa di Indonesia. Jika dahulu banyak sekali anak yang hanya bersekolah sampai taraf Sekolah Menengah Atas atau SMA dengan alasan kurangnya dana untuk meneruskan ke jenjang universitas, tampaknya alasan tersebut sudah tidak berlaku lagi saat ini. Sebab, siapapun saat ini bisa mendaftar program beasiswa untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik.

Berikut ada beberapa jenis program beasiswa sarjana yang bisa kamu coba dilansir brilio.net dari beasiswapascasarjana.com, Minggu (12/4):

1. Beasiswa unggulan

Beasiswa unggulan merupakan salah satu program beasiswa yang populer di kalangan pelajar. Beasiswa ini dikelola oleh kementerian pendidikan dan menyediakan beberapa jenjang termasuk jenjang S1 bagi para lulusan SLTA. Beasiswa ini juga bisa digunakan untuk kuliah di dalam negeri dan juga luar negeri. Biasanya pengumuman pendaftaran akan diinformasikan di awal tahun.

2. Beasiswa bidik misi

Loading...

Program beasiswa ini lebih mengedepankan siswa-siswi yang kurang mampu untuk melanjutkan kuliah. Beasiswa yang juga dikelola oleh kementerian pendidikan ini terbuka untuk siswa-siswi SLTA berprestasi yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Beasiswa ini mencakup di antaranya biaya kuliah, biaya hidup, dan juga kebutuhan aktivitas pendidikan lainnya.

3. Beasiswa ILA

Indonesian Leadership Award atau ILA merupakan salah satu program beasiswa yang disediakan untuk lulusan Madrasah Aliyah/SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Beasiswa yang didukung oleh Kementerian Agama ini sudah mencakup biaya kuliah dan juga biaya hidup di luar negeri.

4. Beasiswa Djarum

Program beasiswa selanjutnya adalah Beasiswa Djarum yang setiap tahun secara rutin ditawarkan untuk mahasiswa S1. Beasiswa ini biasanya ditawarkan untuk mahasiswa yang sedang duduk di semester IV dan beasiswa ini biasanya dibuka setiap bulan April.

5. Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance merupakan program beasiswa yang terbuka untuk para mahasiswa baik di universitas negeri maupun universitas swasta. Biasanya beasiswa ini ditawarkan untuk mereka yang menginjak semester II dan diberikan dalam bentuk bantuan biaya kuliah. Untuk pendaftarannya sendiri biasanya akan dibuka pada bulan September.

6. Beasiswa ORBIT HAH

Program ini merupakan program bantuan biaya studi untuk mahasiswa berprestasi yang mengalami kendala membiayai pendidikannya. Program ini ditawarkan oleh Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie dan biasanya dibuka pada bulan Juli.

7. Beasiswa BII-Maybank

Program ini ditawarkan oleh BII-Maybank Foundation Scholarship yang ditujukan untuk lulusan SLTA yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S1 pada universitas di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Program ini meliputi biaya kuliah, biaya hidup, tiket perjalanan, biaya riset, tunjangan buku, dan lain-lain.

8. Beasiswa Tanoto Foundation

Program beasiswa ini ditawarkan untuk jenjang S1 dan S2 di mana pelamarnya harus mahasiswa dari universitas mitra Tanoto Foundation. Selain itu ada juga beasiswa S1 ikatan dinas yang universitasnya juga ditetapkan oleh Tanoto Foundation. Beasiswa ini berupa biaya kuliah semester serta biaya hidup yang biasanya akan mulai dibuka pada bulan November.

9. Beasiswa Sobat Bumi

Beasiswa ini ditawarkan oleh Pertamina Foundation dan ditujukan untuk mahasiswa S1 di beberapa perguruan tinggi mitra di tanah air. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk penggantian biaya pendidikan pada tiap semester dan biaya hidup tiap bulan dan biasanya dibuka pada bulan Juli.

Apakah kamu berminat? Ayo dicoba dan tetap semangat ya!