Brilio.net - Masyarakat Indonesia saat ini tampaknya sangat menyukai berbagai budaya dari negara-negara lain. Kalau dulu budaya barat seperti  musik dan film yang menginvasi anak muda kita, sekarang negara-negara di Asia tampaknya juga sudah berhasil merebut perhatian masyarakat Indonesia.

Salah satu contohnya adalah Jepang. Bukan rahasia lagi bila di Indonesia ada banyak sekali anak muda yang menggilai budaya Jepang. Dan berikut adalah 6 contoh budaya Jepang yang disukai oleh anak-anak muda Indonesia.

1. Manga atau komik Jepang

Poin pertama ini mungkin menjadi salah satu hal yang paling banyak disukai masyarakat Indonesia. Komik-komik Jepang sudah sejak lama merambah pasar nasional dan selalu laris manis. Mulai dari macam-macam serial cantik, komik detektif, komedi, dan lain-lain.

"Saya suka komik Jepang sejak 3 tahun lalu karena ceritanya seru dan alurnya juga asik. Genre favorit saya yang berbau komedi. Dan selain membaca biasanya saya juga coba gambar-gambar manga sendiri," ujar Hugo, salah satu pengunjung Jogja Japan Week 2015, kepada brilio.net, Minggu (6/9).

2. Cosplay

Nah ini nih contoh lain budaya Jepang yang juga banyak sekali peminatnya. Bahkan tak jarang pula banyak event di Indonesia yang khusus dibuat untuk orang-orang yang menyukai cosplay (costume play). Event yang menyuguhkan cosplay tentu saja ditunggu banyak orang karena mereka bisa melihat berbagai tokoh anime dan manga favorit mereka di dunia nyata.

"Sudah 3 tahun saya ikutan cosplay dan tiap cosplay saya selalu menggunakan kostum yang berbeda. Alasan saya suka cosplay sih agar bisa mendalami karakter di anime atau manga kesukaan saya," cerita Danish, anak muda yang mengagumi cosplay.

3. Musik

Siapa bilang orang Indonesia hanya menerima musik-musik barat, melayu, India, dan K-Pop? Nyatanya popularitas J-Pop atau Japanese Pop dan musik jepang lainnya semakin meroket saja di kalangan anak muda. Bahkan salah satu band kenamaan Indonesia, yaitu J-Rock juga disebut-sebut mendapatkan pengaruh besar dari musik-musik Jepang.

"Musik Jepang itu asik, iramanya bikin semangat. Jadi meskipun saya nggak paham liriknya dan nggak tau artinya yang penting enak bisa dinikmati siapa pun," jelas Yoru yang juga salah satu penggemar cosplay.

2 dari 2 halaman


4. Anime

Selain manga, anime atau film kartun Jepang juga sangat digemari hampir semua orang di Indonesia. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pasti banyak yang mengikuti berbagai anime Jepang.

"Suka anime dari kecil, karena wajahnya yang digambarkan mirip seperti manusia cantik, cute, body idaman para wanita. Untuk yg karakter cowoknya tampan , cool, bajunya unik dan keren," cerita Ita yang sudah puluhan tahun menggemari anime.

5. Action Figure

Bagi para kolektor action figure atau mainan miniatur tokoh-tokoh anime Jepang, mereka mengenal dua jenis mainan yang dikenal dengan istilah figma dan nendo.

Figma sendiri adalah karakter kartun Jepang dengan postur tubuh seperti manusia asli dan dilengkapi engsel yang membuatnya mudah digerakkan. Sedangkan Nendo cenderung berukuran mini dan chubby dengan jumlah engsel terbatas. Selain mengoleksi, mereka biasanya juga hobi memotret mainan mereka.

"Suka motretnya karena foto mainan itu lebih asik dan menantang. Dimana kita harus memposisikan mainan tersebut agar kelihatan lebih hidup," ujar Skolastika yang senang mengoleksi action figur bersama dengan suaminya.

6. Dorama

Dorama atau drama Jepang juga bisa dibilang salah satu hal yang paling ditunggu oleh para penggemarnya. Drama yang menyuguhkan cerita kekinian dengan tokoh-tokoh idola sepertinya jadi hal yang menarik untuk banyak orang.

"Nonton dorama itu lebih asik daripada drama dari negara yang lain-lain. Ceritanya unik kebanyakan adaptasi dari komik atau manga, jadi seru dan penasaran gitu. Belom lagi biasanya pemerannya ganteng, keren, unyu," ungkap Ita, pengunjung Jogja Japan Week 2015 lainnya.