Brilio.net - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengumumkan sejumlah situs internet yang diduga melakukan penipuan terhadap calon pegawai negeri sipil (CPNS) melalui informasi yang menyesatkan.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman mengatakan, sampai saat ini pemerintah belum memutuskan adanya program penerimaan CPNS tahun 2016.

Herman Suryatman khawatir, informasi bohong dalam situs-situs itu sengaja diunggah untuk menjaring calon korban agar masyarakat yang membacanya merasa yakin terhadap informasi yang diunggah.

BACA JUGA: Menteri PAN-RB: Info penerimaan CPNS 2016, hoax!

"Ini bisa berimplikasi kepada penipuan masyarakat. Mereka mengiming-imingi masyarakat untuk menjadi CPNS dengan meminta imbalan sejumlah uang," kata Herman di Jakarta, Rabu (10/2).

Herman menambahkan, pihaknya sudah banyak menerima laporan masyarakat dari berbagai daerah terkait penipuan tersebut. "Ada pengaduan dari Cilacap, Lampung, dan Maluku. Bahkan di Jawa Barat korbannya mencapai 1000 orang lebih, dan saat ini sedang ditangani Polda Jawa Barat," ujar Herman.

Untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan baru, Kementerian PANRB melaporkan website tersebut ke Bareskrim Polri pada Selasa (9/2).

DAFTAR SITUS CPNS YANG DIDUGA PENIPUAN:
1.www.cpns2016.com
2.www.cpns.info
3.www.cpms.info.
4.www.lowongankerja.com
5.cpns.rikowijaya.com
6.www.infocpns2016.com
7.pendaftarancpns.com
8.www.regcpns.com
9.www.pendaftaran-cpns-blogspot.co
10.www.infolowongancpns.com
11.www.cpns2016.net
12.www.posmetro.info