Brilio.net - Setiap orang pasti mempunyai kenangan dan sosok yang sangat berkesan dalam hidup. Bahkan saking berkesannya, bisa jadi kenangan dan sosok itu selalu teringat dalam benaknya. Yayan (35), pria yang tinggal di Distrik Agatf, Merauke, Papua adalah salah satu orang yang merasakan hal itu. Kehilangan jejak salah satu orang yang sangat berkesan dalam hidupnya membuatnya ingin sekali menemukan kembali orang tersebut dan mengetahui kabarnya.

Bagi Yayan, Putri (30), adalah sosok yang cukup istimewa. Putri telah banyak membantunya semasa kuliah. Meski begitu, ternyata mereka sama sekali belum saling bertemu. Putri ibarat penggemar misterius bagi Yayan, ia ada tapi tak pernah hadir langsung di hadapan Yayan.

Pertemuan Yayan dengan Putri bisa dikatakan tak sengaja. Ia datang secara tiba-tiba dalam hidup Yayan semasa ia masih kuliah di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Sekitar tahun 2001, nama Yayan cukup banyak dikenal orang di kotanya lantaran menjadi salah satu penyiar radio di sana. Suatu hari, tiba-tiba Yayan diajak kenalan seorang cewek via telepon. Cewek itu adalah Putri.

"Dia tiba-tiba sering curhat ke sama saya via telepon, bahkan saat kami teleponan bisa berjam-jam," cerita Yayan kepada brilio.net melalui layanan story telling bebas pulsa di nomor 0-800-1-555-999, Selasa (2/2).

Yayan bercerita jika Putri adalah seorang anak dari keluarga broken home. Ayahnya seorang pengusaha di Makassar, sementara ibunya merupakan seorang keturunan Jepang. Menurut sepengetahuannya, dulu Putri tinggal di Perumahan Panakukang Mas. Dia juga mempunyai rumah di Perumahan Tanjung Bunga Taman Toraja.

Kedekatan Putri dan Yayan yang dimulai sejak 2001 itu berlangsung bertahun-tahun. Selama itu pula, Putri sering sekali mengirimkan makanan kepada Yayan, baik di rumah maupun di kampus. Meski begitu, mereka berdua ternyata sama sekali belum pernah saling bertemu. Setiap Yayan ingin mengajak Putri bertemu, selalu ada saja alasan untuk menolak. Merasa penasaran, bahkan Yayan pernah berkata jika ia akan menerima segala kondisi yang sebenarnya dari Putri. Tapi tetap saja Putri selalu menolak untuk bertemu.

Bahkan bisa dikatakan Yayan sama sekali belum pernah melihat wajah Putri meski dalam foto. Sementara Putri sangat mengagumi Yayan bahkan tahu segalanya, mulai dari aktivitas Yayan, motor Yayan, hingga rumah Yayan. Bahkan, kata Yayan, Putri juga pernah meminta orang untuk membuntutinya selama pergi.

Yayan menduga, Putri yang hanya anak satu-satunya saat itu kurang mendapatkan perhatian dari sekitarnya sehingga menjadikan Yayan sebagai tempat curhatnya. Putri juga sempat bercerita jika ia pernah akan dijodohkan oleh kedua orangtuanya. berbagai tekanan yang menderanya itu ternyata membuat Putri sampai terjerumus ke  dunia narkoba. Ia juga bahkan sampai pernah masuk ke tempat rehabilitasi narkoba.

Kerenggangan hubungan mereka berawal dari keputusan Yayan untuk meninggalkan Makassar dan merantau ke Papua. Keputusan itu ia ambil sebagai pilihan untuk bisa mendapatkan pengalaman setelah lulus kuliah. Tapi ternyata keputusannya itu disesali oleh Putri yang merupakan alumni SMA Athirah Makassar. Putri yang tak setuju lalu memutuskan komunikasi di antara mereka.

"Saat itu ia menjanjikan mau mencarikan pekerjaan untuk saya, karena channelnya banyak, tapi saya tolak. Nggak enak menggantungkan hidup ke cewek terus," kata Yayan yang berprofesi sebagai konsultan proyek di Papua ini.

Sejak saat itu, nomor Putri tak bisa dihubungi. Hingga saat ini, nomor yang digunakan Yayan untuk berkomunikasi dengan Putri masih digunakan, dengan harapan suatu saat Putri menghubunginya kembali.

Kini, Yayan sudah hidup bersama istri dan tiga anaknya di Papua. Ia hanya ingin mencari dan bertemu lagi dengan Putri untuk sekadar berterima kasih atas kebaikannya.

Cerita ini disampaikan oleh Yayan melalui telepon bebas pulsa Brilio.net di nomor 0-800-1-555-999. Semua orang punya cerita. Ya, siapapun termasuk kamu punya kisah tersembunyi baik cerita sukses, lucu, sedih, inspiratif, misteri, petualangan menyaksikan keindahan alam, ketidakberuntungan, atau perjuangan hidup yang selama ini hanya kamu simpan sendiri. Kamu tentu juga punya cerita menarik untuk dibagikan kepada kami. Telepon kami, bagikan ceritamu!