Brilio.net - Mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono akhir pekan lalu bertemu dengan sejumlah masyarakat yang menjadi "follower" instagram miliknya dan berdiskusi mengenai fotografi di Bandung.

Di tengah diskusi mengenai fotografi itu, Ibu Ani membagi prinsip dasarnya dalam berkarya.

"Saya hanya menggunakan naluri saya, pertama dulu saya pake kamera yang masih pakai rol film, diajarin memotret oleh ayahanda saya. Sementara Obyek foto adalah segala sesuatu yang menarik hati saya. Jadi obyek yang menarik adalah selalu bersifat subyektif, menarik bagi saya belum tentu menarik bagi orang lain, Karena itu saya tidak bisa mengajarkan bagaimana memotret yang baik, karena setiap orang tentu memiliki ketertarikan sendiri atas sebuah obyek foto. Bagi saya fotografi adalah seni yang selalu mengandung subyektifitas, karena itu disini kita hanya sharing tentang fotografi, kita tidak bisa menyalahkan," kata Ani Yudhoyono kepada para follower instagram peserta kopdar (kopi darat).

Diera Bachir, seorang fotografer profesional yang juga hadir sebagai peserta kopdar membagi juga pengalamannya mengenai fotografi, bagi Diera fotografi adalah seni, dimana setiap orang pastilah memiliki sudut pandangnya masing masing. Karena itu sejalan dengan yang telah diungkapkan oleh Ibu Ani Yudhoyono, kita tidak bisa begitu saja menyalahkan sebuah karya foto. Obyek yang sama dapat dipotret secara berbeda dan menghasilkan karya visual yang berbeda pula.

Pada kesempatan tersebut, Ani menceritakan kisah di balik foto "mengulek sambal" yang pernah diposting dalam instagramnya, yang diposting ketika Ani dan SBY berada di Kansas, Amerika Serikat, dalam rangka mengunjungi sang putra Mayor (inf) Agus Yudhoyono yang tengah menjalani tugas studi Sekolah komando (sesko) di Leavenworth, Kansas.

Foto tersebut adalah karya foto sang menantu Anissa Pohan yang mengabadikan momen ketika ibu Ani tengah menyiapkan sayur lodeh untuk bapak SBY. Foto "mengulek sambal" ini diharapkan Ani dapat menginspirasi para wanita Indonesia saat ini yang mungkin sebagian sudah malas memasuki dapur dan memasak sendiri.

Foto "Mengulek sambal" yang menunjukkan Ani Yudhoyono sebagai ibu rumah tangga yang masih mengenakan rol rambut ini memperoleh angka "likes" hingga 37.800. Sedangkan posting foto Tahun baru 2015 yang mengabadikan keseluruhan anggota keluarga SBY di Amerika Serikat dapat mendulang angka 47.500 Likes.

Melengkapi uraian Ani Yudhoyono mengenai fotografi, mantan Presiden Yudhoyono berujar, "fotografi itu seni, tidak ada istilah salah dan benar. Persoalan soal salah dan benar hanya ada di wilayah logika, sedangkan soal etika mengatur soal baik dan buruk, sementara soal estetika adalah konsep tentang keindahan. seni fotografi berada di wilayah estetika ini, ia bicara mengenai keindahan yang selalu terkait dengan subyektivitas."