Brilio.net - Vandalisme merupakan perilaku yang menimbulkan perusakan. Tindakan yang termasuk di dalam vandalisme salah satunya adalah perusakan, grafiti tidak pada tempatnya, serta hal-hal lainnya yang bersifat mengganggu.

Perilaku vandalisme ini, telah banyak membuat masyarakat marah, pasalnya bukan saja bangunan-bangunan bersejarah yang dirusak atau di coret-coret, tetapi properti pribadi seperti tembok rumah dan pintu garasi toko juga sering menjadi korban kejahilan pelaku vandal.

Nah, di daerah Yogyakarta, maraknya kegiatan vandalisme membuat sekelompok masyarakat bersepakat, untuk bersama-sama memerangi vandalisme dengan membentuk Komunitas bernama Laskar Jogja. Mereka yang beranggotakan warga Yogyakarta dan para simpatisan tersebut, sering kali menyelenggarakan kegiatan sosial, melakukan pengecatan ulang pada tembok-tembok di ruang publik yang menjadi korban vandalisme.

Namun apa yang terjadi pada Selasa (12/5) dini hari, benar-benar membuat geleng-geleng kepala sekaligus kebakaran jenggot. Bagaimana tidak, sebuah tembok di ruang publik, yang baru satu hari dibersihkan dan dicat ulang oleh warga dan komunitas Laskar Jogja, keesokan harinya sudah dicoret-coret lagi oleh pelaku vandal tak bertanggung jawab.

Lokasinya di Jembatan Kewek, Kota Yogyakarta. Inilah bukti ulah vandalisme, baru di cat oleh komunitas Merkid's dan Laskar Jogja sudah di coret-coret lagi, ujar komunitas tersebut pada akun media sosialnya.