Brilio.net - Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bukan penentu nasib. Kalimat tersebut mungkin ada benarnya, namun bukan berarti kamu harus bermalas-malasan dan tidak kerja keras. Lulusan dengan IPK rendah bukanlah momok yang menakutkan, dunia belum berakhir hanya karena kamu lulus dengan IPK yang tidak memuaskan.

Lulus dengan IPK rendah membuatmu perlu melakukan kerja keras yang lebih lagi demi membuktikan kualitas yang kamu miliki. Tak perlu minder kamu bisa melakukan hal-hal berikut untuk meningkatkan kepercayaan dirimu :

1. Miliki keahlian khusus

Hal-hal ini bisa dilakukan untuk kamu yang punya IPK rendah

Dunia kerja saat ini tidak cukup bermodalkan ijazah saja. Kamu harus memiliki keahlian khusus yang membuat kamu dibutuhkan masyarakat. Keahlian khusus yang perlu kamu kuasai seperti keahlian kepemimpinan ataupun keahlian software.

Loading...

Memiliki keahlian khusus ini bisa kamu dapatkan dari kursus atau belajar sendiri. Jika kamu punya keahlian khusus bisa lebih percaya diri lagi dan tentunya tidak minder dengan IPK yang kamu miliki.

2. Kuasai bahasa asing

Hal-hal ini bisa dilakukan untuk kamu yang punya IPK rendah

Bahasa asing saat ini menjadi salah satu persyaratan penting yang diterapkan oleh hampir seluruh perusahaan. Penting bagi kamu untuk memiliki kemampuan dalam berbahasa asing seperti bahasa Inggris dan akan lebih baik lagi jika kamu bisa menguasai lebih dari satu bahasa asing.

3. Jaga hubungan baik dengan kawan lama atau senior di kampus.

Hal-hal ini bisa dilakukan untuk kamu yang punya IPK rendah

Penting bagimu untuk menjaga hubungan baik dengan kawan lama atau senior di kampus. Mereka yang berhasil di dunia kerja tidak hanya mereka yang memiliki kecerdasaan di atas rata-rata melainkan mereka yang dapat bersosialisasi dan punya jaringan yang luas. Seperti pepatah Indonesia yang sering kita dengar, banyak kenalan banyak rezeki.

4. Bergabung dengan LSM

Hal-hal ini bisa dilakukan untuk kamu yang punya IPK rendah

Bergabung di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) juga bisa menjadi pilihan bagimu. Menjadi relawan atau staf di LSM tidak membutuhkan persyaratan IPK melainkan keinginan untuk bekerja dan membantu sesama. Bekerja di LSM tidak memiliki gaji tinggi? keliru, bahkan kini gaji para staff LSM bisa tergolong tinggi, apalagi jika LSM tersebut memiliki kerjasama dengan luar negeri.

5. Mendapatkan beasiswa ke luar negeri

Hal-hal ini bisa dilakukan untuk kamu yang punya IPK rendah

Kesempatan melanjutkan pendidikan ke luar negeri bukan hanya milik mereka yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi. Kamu yang memiliki IPK rendah pun bisa mendapatkannya seperti kisah yang dituliskan Nurul Widyaningrum dimilis beasiswa Yahoo "Pengalaman saya dan juga kakak saya, IPK kami di bawah persyaratan adminsitrasi tapi kami masih bisa dapat beasiswa keluar. Saya sendiri mensiasati dengan pengalaman kerja dan publikasi, dan juga tentunya skor TOEFL/IELTS".

6. Melamar ke perusahaan yang tidak mensyaratkan IPK

Hal-hal ini bisa dilakukan untuk kamu yang punya IPK rendah

Siapa bilang memiliki IPK rendah membuatmu tidak dapat memperoleh pekerjaan yang menjanjikan? Mendapatkan IPK rendah bukan kutukan yang membuat kamu menyerah. Saat ini banyak perusahaan yang tidak lagi mensyaratkan nilai IPK sebagai hal utama dalam menerima pegawai seperti halnya yang dilakukan oleh perusahaan browser terbesar di dunia yaitu google.

7. Berwirausaha

Hal-hal ini bisa dilakukan untuk kamu yang punya IPK rendah

Sekali lagi IPK bukan penghalang bagimu untuk memiliki karir yang cemerlang. Membuka bisnis sendiri alias berwirausaha adalah hal yang bisa kamu coba. Banyak tokoh-tokoh dunia seperti Bill Gates, Steve Jobs bahkan si pendiri Facebook memiliki latar belakang pendidikan yang kurang memuaskan.  

Namun pada akhirnya bisa mendirikan perusahaan yang bernilai jutaan dollar. Kamu pun bisa mencobanya tapi tetap inget bahwa semuanya butuh kerja keras dan nggak ada yang instan.

Itu tadi hal-hal yang bisa kamu lakukan sehingga kamu tidak perlu khawatir lulus dengan memiliki IPK yang rendah selama kamu tidak menyerah dan selalu berani mencoba hal baru.

RECOMMENDED BY EDITOR