Brilio.net - Tingginya kadar gula pada minuman bersoda dan junk food seperti saus tomat, sereal, dan biskuit ternyata meningkatkan potensi kanker payudara dan berpotensi menyebarkan kanker ke paru-paru. Dikutip brilio.net dari dailymail, Minggu (3/1), para ilmuwan Amerika Serikat telah meneliti efek kandungan gula yang terdapat pada minuman bersoda dan junk food.

Pada penelitian tersebut, para ilmuan memberi sukrosa pada tikus. Sukrosa merupakan bahan utama gula yang sering ditambahkan ke minuman bersoda, jus, saus, serta makanan seperti olahan daging, kripik, dan coklat. Sedangkan tikus yang sama sekali tak diberi makanan seperti itu mempunyai potensi pengembangan kanker yang sangat rendah.

Para ilmuan di Texas University membagi tikus menjadi empat kelompok dengan makanan yang berbeda. Setelah berjalan enam bulan, tikus-tikus tersebut diteliti. Hasilnya, lebih dari setengah tikus yang diberi makanan yang mengandung sukrosa telah terserang kanker payudara.

"Kami menemukan bahwa asupan sukrosa pada tikus yang sebanding dengan kandungan yang ada pada makanan Barat menyebabkan pertumbuhan kanker meningkat dan menyebabkan metastasis atau penyebaran ke organ lainnya bila dibandingkan dengan makanan yang bebas kandungan gula," kata Dr Peiying Yang.

Sebagai informasi, konsumsi gula oleh penduduk Inggris saat ini ada pada kisaran 35 kilogram per orang per tahun. Peningkatan konsumsi minuman kaya gula bisa diidentifikasi dengan banyaknya muncul obesitas, penyakit jantung, dan kanker di seluruh dunia.

Loading...

Bagaimana, masih menggilai minuman bersoda dan junk food?

RECOMMENDED BY EDITOR