Brilio.net - Model pakaian terkadang identik dengan agama tertentu. Akan tetapi bukan berarti jika ada seorang artis atau public figur yang mengenakan pakaian muslim, berarti dia masuk agama Islam. Namun beberapa orang terkenal di bawah ini pernah digembor-gemborkan masuk Islam, gara-gara pakaian mereka.

Pesannya jangan gampang termakan isu tidak benar dan menelan begitu saja berita yang tidak jelas asal dan sumbernya. Lalu siapa saja orang-orang tersebut? Berikut brilio.net rangkum, Jumat (16/10).

1. Jackie Chan

Gara-gara pakai kostum Islami, mereka disangka mualaf


Artis hollywood ini disebut-sebut masuk Islam hanya gara-gara menggenakan Peci. Padahal foto Jackie Chan yang mengenakan peci tersebut ialah kunjungannya ke Malaysia. Saat itu pemerintah Malaysia memberi gelar kehormatan "Datuk" pada bintang laga Hong Kong ini.

2. Neil Amstrong

Gara-gara pakai kostum Islami, mereka disangka mualaf


Sejak sekitar 1980, orang yang pertama kaki menginjakan kaki di bulan ini diisukan masuk agama Islam, setelah mendengar suara adzan, saat berjalan di bulan. Kabar ini pun ramai dibicarakan tidak hanya di Indonesia tapi juga di Malaysia. Akhirnya pada Maret 1983, departemen US memberikan respon terkait isu ini. Mereka mengatakan dengan tegas bahwa isu Neil Amstrong menjadi mualaf (sebutan bagi orang yang baru masuk islam) tidaklah benar.

3. Bintang WWE

Gara-gara pakai kostum Islami, mereka disangka mualaf



Selama kunjungannya di Jeddah, bintang WWE mengenakan pakaian ala bangsa Arab. Beberapa saat setelah ramai berita Jackie Chan masuk Islam, foto kawan WWE smackdown yang ada acara di Jeddah lengkap dengan pakaian digadang-gadang akan menjadi viral di media sosial dengan klaim mereka masuk islam.

4. Mr Bean

Gara-gara pakai kostum Islami, mereka disangka mualaf


Mr Bean yang dikenal sebagai raja komedi biru dikabarkan mengumumkan dirinya menjadi pemeluk Islam. Hidayah Rowan Atkinson tersebut terjadi setelah ia menonton film Innocence of Muslim, yang sebenarnya menghina Nabi, yang menjadikannya alasan untuk mencari guru yang sebenarnya dari agama ini. Sejauh ini belum ada otoritasi langsung dari Mr Bean.

Video tentang kabar perpindahan agama Mr. Bean diunggah di Youtube pada 2013 lalu. Video berjudul Mr Bean announced his conversion to Islam ini telah ditonton oleh sedikitnya 18.000 pengunjung. Rowan Atkinson hanya menyematkan jari telunjuk dalam video tersebut, yang ditafsirkan sebagai simbol syahadat. Padahal bisa saja Atkinson meminta untuk diam atau hal lainnya. Meskipun berita ini ramai di media Arab, media di Inggris tidak ada yang melaporkannya.

Duh! Ada-ada saja orang-orang yang membuat kabar tidak benar begitu. Yang jelas, saat kamu menemukan klaim isu tertentu di media sosial lebih baik kamu tetap tidak mudah percaya dengan mencari berita pembanding.