Brilio.net - Cerita soal kebiasaan lidah orang Indonesia yang suka pedas, rupanya menjadi inspirasi munculnya beragam kuliner yang menawarkan bahan dasar cabai ini. Di Tanah Air, muncul tempat makan yang menyajikan beragam sajian sambal.

Pondok Cabe Yogyakarta, adalah satu di antara banyaknya rumah makan atau restoran yang menyajikan kuliner ini. Demi memenuhi hasrat pelanggannya, restoran ini bahkan menyajikan 11 jenis sambal berbeda. Pembeli dapat memilih sambal sesuai seleranya.

Mulai dari yang pedas sekali hingga yang tidak pedas, meskipun itu tetap sambal, ada di sini, terang Rudi Gustanto, Supervisor Pondok Cabe, saat ditemui di rumah makan yang terletak di Jalan Tamansiswa, Minggu (1/3).

Apa yang ditawarkan Pondok Cabe, membuat pelanggannya senang. Santika, penikmat sambal di Pondok Cabe mengaku memang sangat menggilai sambal. Menurutnya, sambal membuat masakan yang kurang enak jadi enak.

Baginya, sambal jadi penambah nafsu makan. Masakan Indonesia sudah tak bisa dipisahkan dengan rasa pedas, sehingga masakan Indonesia tak akan lengkap kalau tak ada rasa pedas atau sambal. Jadi masakannya biasa aja nggak apa-apa, yang penting sambalnya, ujar Santika.

Pengunjung lainnya, Fiter Trisnawardana, mengungkapkan jika peranan sambal memang sangat penting karena selain menambah nafsu makan, juga banyak kandungan vitamin pada cabai yang menjadi bahan pokok sambal. Karena pedas jadi pengen nambah mulu. Tapi tergantung orangnya. Karena saya kurang suka pedas, biasanya hanya pakai sambal tomat atau sambal terasi, terang Fiter.

Rudi mengungkap, selera pedas orang Indonesia dengan orang luar negeri sangat berbeda. Hal ini dia ketahui dari turis mancanegara yang datang ke rumah makannya. Mereka lebih memilih hidangan yang tidak pedas. Kebanyakan orang luar negeri itu jarang pesan sambal, jadi seumpama mereka pesan ayam itu mereka pakai saus, jelasnya.

Hal itu jadi sangat bertolak belakang dengan orang Indonesia. Saat melayani orang Indonesia, Rudi bahkan pernah mendapat komplain bahwa sambalnya kurang pedas, padahal secara standar sambal tersebut sudah pedas sekali.