Brilio.net - Kreativitas dan inovasi mahasiswa Indonesia makin seru saja. Buktinya bisa dilihat dari banyaknya karya menarik yang mereka ciptakan, mulai dari aneka jenis robot sampai juga berbagai macam aplikasi dan game pada ponsel.

Dan berikut adalah salah satu contoh game inovatif karya mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang mereka namakan dengan 'Traf' Game.

'Traf' game sendiri merupakan game seputar lalu lintas sebagai permainan berbasis mobile yang memiliki unsur gamification yang bisa menjadi alternatif solusi upaya peningkatan perilaku dan kepedulian masyarakat terhadap keselamatan lalu lintas. Gamification sendiri sebenarnya adalah proses cara berpikir game (game thinking) dan mekanika game (game mechanics) untuk melibatkan pengguna dalam memecahkan masalah.

Teori gamification dapat digunakan sekaligus untuk meneliti sifat manusia mengenai sikap dan motivasi. Namun yang menjadi tujuan dari gamification ini adalah memberikan informasi alat, teknik, dan proses berpikir serta rancangan implementasi yang dibutuhkan untuk memberikan pengalaman unik pada penggunanya, cerita Maghfiroh Binti, salah satu penggagas game ini kepada brilio.net Rabu (10/6).

Saat ini, game ini sudah dapat diakses melalui desktop, PC, atau laptop dan juga ponsel. Dan game yang sebenarnya adalah salah satu produk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini sudah sempat dicobakan pada beberapa siswa yang diakses melalui smartphone dengan sistem operasi android.

Untuk saat ini para penggagas game ini, Akhsin Nurlayli, Hanif Ramadhani, Maghfiroh Binti, dan Asrofi sedang dalam proses mengunggah game ke playstore dan akan dikembangkan dengan pemasangan iklan.

Kita tunggu saja ya launching game ini agar semua orang dapat lebih peduli dengan keselamatan lalu lintas.

TRENDING NEWS:

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

Menyeramkan, pulau misterius ini membunuh siapa saja yang datang

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

Kontroversi surat terbuka Anggun C Sasmi ke Presiden Jokowi