Brilio.net - Sebuah foto yang mengejutkan muncul di beranda para pengguna jejaring sosial Reddit pada Rabu (20/5) yang tak lain merupakan salah satu contoh dari ilusi optik.

Foto yang diunggah oleh pemilik akun Reddit bernama Zibin tersebut menunjukkan dua pekerja konstruksi yang sedang memperbaiki sebuah jembatan. Bila dilihat, perspektif pada foto tersebut terlihat seperti versi nyata dari lukisan karya pelukis kenamaan M.C. Escher.

Sekilas apa yang ada pada foto tersebut adalah tidak mungkin. Ya, tidak mungkin bila sebuah alat konstruksi sebesar itu dapat dijalankan di bawah sebuah jembatan dan menghadap kamera, apalagi saat kamu melihatnya dari letak pondasi di tanah dan posisi dari alat berat tadi pada jalan raya sebagai backgroundnya.

Foto yang aneh, lihat panah merahnya!

Namun sebenarnya cara termudah untuk mengetahui letak ilusi optiknya adalah dengan melihat bagian ban atau roda dari alat berat itu, kemudian perhatikan sisi samping pada bagian bawah jembatan, setelah itu amati bagian pondasi atau pilar jembatan.

Loading...

Bagaimana cara kerjanya? Untung saja seorang pengguna jejaring sosial Reddit, MrDLTE3, membuat sebuah sketsa untuk menjelaskan kejadian yang sebenarnya terjadi dalam gambar tersebut. Bisa diperhatikan bahwa alat berat tersebut memiliki sebuah derek yang dapat bergerak secara horizontal yang tentu saja dapat bergerak ke atas dan bawah.

Jika kamu masih belum mengerti dengan gambar sketsanya, berikut ada versi asli dari alat berat yang digunakan agar kamu memiliki gambaran.

Foto yang aneh, lihat panah merahnya!

Foto yang aneh, lihat panah merahnya!

Gambar tersebut memang cukup menarik karena beberapa pengguna Reddit sempat mengemukakan bahwa mereka melihat salah satu traffic cone seakan melayang di atas kepala salah satu pekerja konstruksi yang sedang berdiri di tanah.