Brilio.net - Mengungkapkan perasaan melalui sebuah lagu adalah suatu tindakan yang sering dilakukan oleh manusia, bahkan tidak jarang yang menganggap bahwa mengungkapkan perasaan dengan lagu cinta adalah hal yang romantis. Jika manusia mengungkapkan perasaan dengan lagu cinta, itu sudah biasa.

Tapi, bagaimana jika ternyata tikus merayu sang betina dengan lagu cinta?

Fakta unik dan mengagumkan baru saja diungkap para peneliti yang berasal dari Duke University. Para peneliti tersebut telah lama meneliti tentang kemampuan tikus dalam mengeluarkan suara.

Para tikus jantan dapat menggunakan lagu cinta untuk mendapatkan perhatian dari betina. Beberapa waktu lalu peneliti telah membandingkan penelitian suara tikus dan suara nyanyian burung jantan. Sebenarnya beberapa tahun silam peneliti memang telah menemukan fakta bahwa tikus dapat mengeluarkan suara seperti anjing yang memanggil ibunya.

Peneliti dari Duke University kemudian menempatkan beberapa tikus jantan dan memberikan berbagai situasi terhadap tikus tersebut. Ternyata nyanyian tikus jantan akan lebih keras saat dia mencium bau air seni dari tikus betina. Semakin sulit si tikus jantan menemukan si tikus betina, maka suara nyanyiannya akan semakin keras.

"Otak tikus dan perilaku komunikasi vokal tidak seprimitif yang dipikirkan," kata Erich Jarvis seperti dilansir brilio.net dari dailymail, Minggu (12/4).

Suara dari tikus itu kemudian direkam dan dipelajari secara berlahan. Ternyata tikus memang bisa bernyanyi, hasil penelitian ini kemudian diterbitkan dalam jurnal frontiers of Behavioral Neuroscience.