Brilio.net - Siapa tak kenal budayawan sekaligus Kiai kondang KH Mustofa Bisri. Tanggal 19 September 2015, genap 44 tahun dia menikahi istrinya Siti Fatma. Tapi, selama 44 tahun pernikahan mereka, baik Gus Mus maupun istrinya sama sekali tidak pernah menyatakan cinta dalam kata-kata.

Empat dekade menikah, Gus Mus tak pernah bilang cinta

Dalam kamus hidup mereka, tak pernah ada kalimat "I love you", "Aku cinta padamu", atau kata-kata mesra lainnya. Masa sih?

Hal itu diceritakan oleh Gus Mus melalui  akun Facebook pribadinya. "Selama itu --hingga kami dikaruniai 7 orang anak, 6 orang menantu, dan 13 orang cucu-- seingatku, belum pernah aku mengucapkan kepada teman hidupku ini: "I love you", "Aku cinta padamu", "Anä bahebbik", "Aku tresno awakmu", atau kata-kata mesra sejenis. Demikian pula sebaliknya; dia sama sekali belum pernah mengucapkan kepadaku kata rayuan semacam itu. Agaknya kami berdua mempunyai anggapan yang sama. Menganggap gerak mata dan gerak tubuh kami jauh lebih fasih mengungkapkan perasaan kami," tulisnya seperti dikutip brilio.net dari Facebooknya itu.

Empat dekade menikah, Gus Mus tak pernah bilang cinta

Loading...

Ia juga memberikan resep ampuh bagaimana bisa bertahan dalam berbagai masalah yang wajar menimpa rumah tangga. "Kami pun jarang sekali berbicara 'serius' tentang diri kami. Seolah-olah memang sudah tidak ada lagi yang perlu dibicarakan secara serius".

Meski diakui dia dan istrinya sering bertengkar, ulama karismatik ini mengatakan bahwa masalah dan pertengkaran merupakan hal yang wajar dalam hidup berumah tangga. Bagi Gus Mus pertengkaran terlalu sepele untuk diambil hati.

Wah, bisa ditiru nih resep dari Gus Mus

RECOMMENDED BY EDITOR