Brilio.net - Menteri Agama RI 2015-2020 Lukman Hakim Syaifuddin dulunya adalah seorang anak Pramuka. Hal ini dapat dilihat dari sebuah foto yang dibagikan akun Facebook Mohammad Monib pada 14 Juli 2015 yang bertepatan dengan hari Pramuka.

Bersama foto tersebut Monib memberikan keterangan, pria berjas, berdasi, serta kopiah hitam adalah Kiai Imam Zarkasyi, pendiri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor. "Saat itu jarang kiai pake simbol-simbol kemodernan. Jas, dasi, sepatu, sistem dan metode pengajaran. Kelak publik menamai Pesantren Modern," tulis Monib.

Pria yang mengenakan safari merupakan Menteri Agama RI era Presiden Soeharto, Alamsyah Prawiranegara yang saat itu berkunjung ke Ponpes Gontor. Sedangkan pria berpakaian pramuka di barisan paling depan adalah Lukman Hakim Syaifuddin, yang kini merupakan Menteri Agama RI.

Dulu saat Pramuka mengawal menteri agama, kini dia jadi menteri agama

Foto ini pernah diunggah oleh akun Twitter @SirIbrahim pada akhir Juni lalu dan telah dikonfirmasi kebenarannya oleh yang bersangkutan. Foto ini merupakan hasil jepretan pada 1982.