Brilio.net - Salah satu pekerjaan tertua adalah pekerja seks komersial. Dunia prostitusi, meskipun banyak pihak yang menghujat atas alasan agama, moral, dan sebagainya, seolah pekerjaan ini akan terus ada. Kemiskinan atau terjebak keadaan menjadi alasan utama perempuan meneruskan profesi ini, meskipun pada dasarnya tidak ada seorang pun yang menginginkannya.

Beberapa negara secara tegas menetapkan prostitusi sebagai hal ilegal. Namun ada yang memperbolehkan bahkan memfasilitasi para pekerjanya dengan jaminan kesehatan dan sosial. Negara-negara tersebut adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Scoopwhoop, Selasa (8/9).

1. New Zealand

Prostitusi telah legal di sini sejak tahun 2003. Rumah-rumah bordil bahkan berlisensi, beroperasi di bawah naungan kesehatan masyarakat dan hukum ketenagakerjaan, yang berarti para pekerja mendapatkan manfaat sosial seperti para pekerja lainnya.

2. Belanda

Orang-orang Belanda menganggap hal-hal yang di tempat lain dianggap tabu sebagai obrolan biasa, seperti membicarakan hal porno secara terbuka. Prostitusi legal di Negeri Kincir Angin ini.

3. Jerman

Prostitusi dilegalkan di negara ini sejak tahun 1927. Para pekerja dikenakan pajak, diberi asuransi kesehatan, dan bahkan menerima dana pensiun.

4. Yunani

Yunani juga telah mengikuti metode Jerman yang memasukkan prostitusi sebagai pekerjaan yang sebenarnya di masyarakat. Para pekerja seks mendapatkan hak yang sama dengan pekerjaan lain dan harus rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

5. Prancis

Prostitusi merupakan adalah legal di Perancis, namun membicarakannya di depan umum masih dilarang.

Bikin kaget juga negara-negara berikut ini juga masuk dalam daftar selanjutnya.

2 dari 3 halaman

6. Ekuador

Segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan seks legal di sini. Menjadi pekerja, menjalankan rumah bordil atau menjadi germo tidak dikenai konsekuensi hukum. Namun pemaksaan seksual adalah hal yang dilarang.

7. Denmark

Prostitusi adalah hal legal di sini. Pemerintah bahkan memberikan bantuan kepada mereka yang punya kelemahan dalam bercinta dengan ekstra biaya yang harus mereka bayar.

8. Kolombia

Kota yang paling banyak prostitusinya di negara ini adalah Cartagena dan Barranquilla. Pekerja seks legal di sini, namun mucikari ilegal.

9. Kanada

Melacurkan diri sendiri adalah hal legal, namun memperjualbelikan seks merupakan tindakan ilegal sejak akhir 2014.

10. Brasil

Prostitusi telah legal di sini dan mucikari adalah status yang prestisius.

Ternyata ada juga negara tetangga Indonesia masuk dalam daftar. Negara mana?

3 dari 3 halaman

11. Belgia

Stigma tentang kekerasan dan ketakutan yang lekat pada prostitusi coba dihilangkan dengan tak hanya melegalkan, tapi juga mendorong penerapan teknologi dalam industri prostitusi yaitu dengan fingerprint dan keycard.

12. Banglades

Mucikari dan kepemilikan rumah bordil adalah legal. Satu hal yang dilarang adalah prostitusi laki-laki.

13. Austria

Prostitusi benar-benar legal di Austria. Pelacur harus mendaftar, menjalani pemeriksaan kesehatan berkala, minimal berusia 19 tahun, serta kena wajib pajak. Meskipun demikian, ada banyak penyelundupan dan prostitusi paksa di sini.

14. Australia

Status hukum prostitusi berbeda di beberapa wilayah, dilegalkan di beberapa daerah, dan ilegal di bagian lain. Hal yang sama berlaku untuk kepemilikan rumah bordil.