Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> News
Angga Roni Priambodo (brl/swh)

28 Mei 2015 08:44

Di Aceh Gayo, setiap lelaki wajib bisa Tari Saman

Demi kelestarian, tiap lelaki pun wajib belajar menari..

Di Aceh Gayo, setiap lelaki wajib bisa Tari Saman

View Image



Brilio.net - Tari saman, siapa tidak tahu tarian indah asal Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) tersebut. Tarian yang membutuhkan konsentrasi dan kekompakan luar biasa itu telah dikenal diseluruh Indonesia bahkan sampai di kancah internasional. Nah, tahukah kamu demi menjaga kelestarian tari legendaris ini, setiap lelaki di Aceh Gayo, wajib menguasai tari saman ini.

Fakta ini diungkapkan oleh Jemaris (21) seorang warga Aceh Gayo yang merantau ke Yogyakarta. “Semua laki-laki di aceh gayo memang wajib bisa menarikan tari saman. Itu diwajibkan turun temurun dan menjadi semacam hukum adat Gayo,” terangnya kepada brilio.net Kamis (28/5).

Pemuda yang sudah setahun di Yogyakarta ini juga mengatakan bahwa Tari Saman ini terbukti mampu mengangkat nama Aceh secara khusus. “Alhamdulillah tari ini kan sudah sering dipentaskan di luar negeri juga sama mahasiswa-mahasiswa kan ya Mas. Selain itu beberapa teman saya juga berhasil membawakan tari saman di berbagai tempat.

Ia pun berharap di tempat-tempat lain bisa mencontoh kebijakan di tempat kelahirannya tersebut. “Ya tujuannya biar tarian-tarian tradisional itu tetap lestari sampai generasi-generasi selanjutnya. Tidak terlupakan gitu lho Mas,” tutupnya penuh harap.

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Tari Saman Tari Tradisional Tarian Aceh
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE