Brilio.net - Apa yang dilakukan Dewi Patlia Novitasari (24) alias Deva benar-benar unik. Wanita ini keliling Indonesia berbekal uang saku Rp 15 juta. Uniknya, duit itu tak dipakai untuk ongkos perjalanan maupun senang-senang, melainkan dipakai menyumbang warga di daerah yang didatanginya.

Perjalanan wisata Deva dengan cara backpacker menumpang kendaraan umum membuatnya irit biaya. Bahkan, caranya ini malah membuat banyak orang di perjalanan menjadi trenyuh.

Ia mengaku selama perjalanan darat hampir tidak pernah mengeluarkan uang. Ia hanya mengeluarkan uang saat perjalanan laut menyeberang dengan kapal feri. Saat ia menumpang truk, bukan Deva yang membayari makan sang supir yang ia tumpangi, tapi malah Deva yang selalu dibayari sang supir. Begitu juga ketika dia harus naik mobil travel, pasti ada saja orang yang berbaik hati membayarinya.

Deva mengaku uang sakunya sebesar Rp 15 juta malah ia gunakan untuk memberikan sumbangan di destinasi yang ia kunjungi. Itu ia lakukan karena rasa pedulinya kepada warga setempat yang berjuang memajukan daerah. Ia biasa mengeluarkan donasi minimal Rp 50.000 untuk setiap tempat yang ia kunjungi.

Ia pun tak pernah menginap di penginapan. Ia memilih berbaur dengan tinggal di rumah-rumah warga. Saat ini ia masih berada di Sumba Timur. Dia berniat mengakhiri perjalanannya sebelum bulan puasa.