Brilio.net - Kanker serviks merupakan kanker yang menyerang pada leher rahim wanita yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) yang cukup berbahaya. Menurut World Health Organization (WHO), setiap harinya terdapat wanita yang meninggal dikarenakan kanker serviks.

Meningkatnya jumlah penderita kanker serviks setiap harinya membuat mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) terbersit ide baru untuk membuat pendeteksi kanker serviks yang berbasis mobile. Adalah Dwi Panglipuringtias, Akhsin Nurlayli, Maghfiroh Binti Sholikah dan Sayyidul Kahfi.

Terobosan baru mereka diberi nama Womencare: healthy mobile application for ca-cervics. Womencare merupakan aplikasi mobile yang berfungsi untuk mendeteksi gejala dini dari kanker serviks. "Aplikasi Womencare ini dikembangkan dengan software android studio yang merupakan software pembuat aplikasi android," jelas Maghfiroh kepada brilio.net, Selasa (9/6).

Pembuatan Womencare ini pun membutuhkan waktu sekitar 4 bulan. Berbagai kendala mereka hadapi seperti penentuan gejala dini kanker serviks hingga pembuatan aplikasi, namun kesemuanya mampu mereka lalui dengan baik.

Dengan keberadaan Womencare ini, maka pendeteksian gejala dini kanker serviks pun akan lebih mudah, sebab telah berbasis mobile. Sehingga dapat dilakukan pengobatan lebih dini terhadap penderita kanker serviks. "Dengan Womencare pakar dapat memberikan suatu informasi kepada user melalui tanya jawab dengan sistem komputerisasi, sehigga penderita dapat memperoleh informasi tentang gejala-gejala kanker serviks," lanjut Maghfiroh.

Loading...

Selain dapat mendeteksi gejala dini kanker serviks, aplikasi ini juga terbilang cukup ekonomis dan mudah digunakan oleh pengguna kapan pun diinginkan. Pembuatan Womencare diperkirakan menghabiskan dana Rp 10.642.000 yang didanai oleh Pendidikan Tinggi Indonesia. "Kami akan menjadikan aplikasi Womencare menjadi sebuah bisnis khusus dalam dunia kesehatan yang digunakan sebagai salah satu alat kesehatan yang diminati banyak orang," tandas Maghfiroh.

BACA JUGA:

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Yuk hidup sehat, mulai batasi konsumsi garam biar nggak hipertensi

Ladies, kurang vitamin D ternyata bisa bikin kamu mudah depresi lho