Brilio.net - Ikan merupakan makanan yang biasa menjadi lauk sehari-hari. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata di dunia ini terdapat beberapa ikan yang penampilannya ganas serta memunyai kemampuan menyerang yang mematikan. Berikut delapan ikan mematikan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Dragonfish

Deretan ikan menyeramkan yang sanggup menyerang ikan besar

Ikan ini terkenal karena rahang dan gigi mirip taring menakutkan. Ikan dragon merupakan salah satu predator di laut dalam yang menakutkan dan seharusnya dihindari.

2. Fangtooth fish

Deretan ikan menyeramkan yang sanggup menyerang ikan besar

Ikan bertampang kejam ini termasuk salah satu makhluk yang hidup di kedalaman laut yang paling dalam hingga pada kedalaman 5 km di bawah permukaan laut. Ia juga gigi mirip taring yang besar dan rahang yang kokoh. Gigi taring bawahnya yang paling besar demikian panjang hingga ikan ini punya sepasang soket di kedua sisi otak kecilnya untuk tempat slotnya saat mulutnya tertutup. Meski tampang ikan ini menakutkan, tetapi masih terlalu kecil untuk bisa melukai manusia.

3. Viperfish

Deretan ikan menyeramkan yang sanggup menyerang ikan besar

Salah satu ikan predator ganas lainnya adalah viperfish, ikan ini hidup di kedalaman lautan. Pada malam hari, makhluk mengerikan ini akan berenang menuju laut yang lebih dangkal, sekitar kurang dari 700 kaki, di mana di situ terdapat lebih banyak makanan. Pacific viperfish bahkan bisa tumbuh hingga mencapai panjang dua meter. Dengan tampang muka seram yang panjangnya bisa mencapai enam kaki ini mempunyai gigi-gigi yang sangat tidak bersahabat dengan mangsanya.

4. Tiger fish

Deretan ikan menyeramkan yang sanggup menyerang ikan besar

Bentuk tubuh tiger fish memang seperti diciptakan untuk speed dan power. Rahangnya yang kuat dan gigi-giginya yang tajam mirip piranha. Ikan ini juga diketahui mampu memangsa ikan lain yang ukurannya lebih besar dari dirinya. Para pencari ikan juga mewaspadai jenis goliath tigerfish yang oleh National Geographic digambarkan sebagai evolution on steroidsa.

5. Snakehead fish

Deretan ikan menyeramkan yang sanggup menyerang ikan besar

Di kawasan Asia Tenggara, sebagian India dan Afrika bisa menjumpai Snakehead Fish. Ikan ini mempunyai mulut yang besar dan gigi-gigi yang tajam dan siap memangsa apa saja yang ada di depannya, ikan, burung, katak, atau mamalia lainnya. Pernah juga dilaporkan ikan ini juga menyerang manusia yang berada terlalu dekat dengan anak-anaknya.

6. Piranha

Deretan ikan menyeramkan yang sanggup menyerang ikan besar

Di dunia nyata sesungguhnya ikan ini memang ganas dan menakutkan. Barisan gigi-gigi tajamnya tersusun rapat dan tersambung satu sama lainnya. Gigi-gigi itu didesain sempurna untuk menusuk dan mencabik-cabik daging dengan cepat dimana ikan ini tergolong memiliki nafsu makan yang rakus.

Meski piranha berburu mangsa dengan kejam dan sangat teroganisasi, pada saat defence tertentu ikan ini juga memakan tumbuhan seperti rumput. Penelitian juga menyatakan perilaku ikan ini yang membentuk sebuah kelompok besar sebagai pertahanannya terhadap predator seperti buaya.

7. Anglerfish

Deretan ikan menyeramkan yang sanggup menyerang ikan besar

Tidak ada ikan lain yang seseram ikan ini yang berkeliaran di kedalaman laut. Karena caranya menangkap mangsa yang unik dengan menggunakan bagian tubuhnya yang menonjol keluar dari kepalanya yang mirip dengan kail pancing, ajaibnya bagian tubuh itu mengeluarkan cahaya bioluminescent yang berasal dari jutaaan bakteri bercahaya yang menempel di situ.

Mulut dengan rahangnya yang bergigi panjang dan mengarah ke dalam membuatnya mudah memasukkan mangsa ke perut sekaligus menutup jalan keluar dari mulutnya. Predator mirip mesin ini mampu membesarkan rahang dan perutnya sehingga mangsa yang lebih besar dari dirinya bisa masuk ke dalamnya.

8. Stone fish

Deretan ikan menyeramkan yang sanggup menyerang ikan besar

Banyak ditemukan di perairan dangkal di daerah tropis, ikan ini mempunyai rupa yang tidak menarik dengan kulit yang seperti batu. Meski begitu, racunnya dapat menyebabkan shock, kelumpuhan, jaringan tubuh yang mati, dan kematian jika tidak diobati.