Brilio.net - Kelompok Ternak Mandiri dengan para anggotanya ibarat dua mata koin yang sama-sama membutuhkan. Tanpa kelompok ini, peternak sulit mengembangkan usahanya, sebaliknya tidak akan ada kelompok tanpa peternak.

Kelompok ternak yang berlokasi di Dusun Nganggring, Girikerto, Turi, Sleman, DIY itu saat ini memiliki 53 anggota. Setiap anggota masing-masing memiliki kandang kambing sendiri di area peternakan tersebut. "Total kambing yang ada di sini sekitar 800 ekor," ungkap Tamto (65), seorang peternak, kepada brilio.net, Selasa (14/7).

Salah salah seorang peternak lainnya, Dono (29), bahkan mengaku kini mempunyai 24 ekor kambing PE yang dikembangbiakkan di lokasi peternakan dengan luas 2,75 hektar tersebut.

Dono menuturkan keberadaan kelompok ternak sangat membantu dirinya. Dengan adanya kelompok ternak, banyak kemudahan yang dia dapatkan, seperti merawat, menjual, dan memerah susu kambing. "Biasanya pembeli langsung datang ke sini," ujarnya.

Dia menyebut, harga jual kambingnya bisa mencapai Rp 2 juta-Rp 2,5 juta untuk indukan. Sementara untuk susu kambing, dijual dengan harga Rp 20 ribu/liter. Dari penjualan kambing yang berada di peternakan tersebut, kelompok ternak Mandiri hanya mengambil 1 persen. "Satu persen itu dimasukkan untuk kas kelompok.

Jadi kalau kambingnya terjual dengan harga total Rp 10 juta, berarti Rp 100 ribu-nya untuk kas," kata Tamto.

Selain berternak kambing PE, warga di Kelurahan Girikerto umumnya bermata pencaharian sebagai petani salak dan kayu sengon. "Ketiga profesi tersebut saling berhubungan. Kotoran kambing untuk pupuk, sementara daun salak dan sengon untuk pakan kambing," tambahnya.

TERKAIT WAJIB BACA:

Polisi di negara ini hanya lepaskan tembakan 2 kali dalam setahun

15 Potret kebaikan polisi yang sering kamu lupakan

VIDEO: Momen tilang polisi yang memiliki surat tugas

VIDEO: Apesnya cowok ini, sudah ditilang polisi diputusin pacarnya

Ini ciri-ciri razia lalu lintas oleh polisi yang sah dan legal

HOT NEWS:

Cek STNK-mu, ada biaya SWDKLLJ, ini penjelasannya

Penampakan unik 14 benda yang dibelah menjadi dua

12 Foto perjalanan ke sekolah yang berbahaya dan memprihatinkan

10 Foto kocak ini diambil dengan angle yang pas, bikin ngakak!