Brilio.net - Memasuki musim hujan, pasti selalu saja muncul masalah "baju habis karena belum kering". Masak iya, gara-gara hujan kita jadi nggak bisa kemana-mana karena kehabisan baju bersih?

Cuaca yang nggak menetu, kadang panas, kadang hujan dan kadang sepanjang hari hujan tentu cukup memusingkan. Apalagi bagi kamu yang saat ini tengah menjadi anak kos atau perantau. Bagaimana pun juga kamu butuh baju untuk ke kampus atau bekerja, sedangkan parahnya baju-bajumu belum kering karena beberapa hari tidak ada sinar matahari.

Jangan pusing, sebagai anak kos harusnya kamu memiliki kemampuan dan ide kreatif untuk mengatasi hal ini. Nah berikut ini tips mengeringkan baju ala anak kos selama musim penghujan yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (15/1).

1. Gunakan kipas angin

Cara nyeleneh anak kos mengeringkan pakaian, kreatif banget!
foto: www.hersays.com

Pada dasarnya pakaian kering nggak harus terkena panas matahari kok, dengan membuatnya terkena angin pun juga bisa membuat pakaian kering. Caranya letakkan pakaianmu pada lantai atau bisa di hanger kemudian nyalakan kipas angin langsung kearah pakaian basahmu tersebut. "Paling simple sih dengan di angin-angini pakai kipas angin deh. Tinggal tidur semalaman, besok pagi pasti sudah kering," kata Arini (20) mahasiswa kesehatan di Yogyakarta.

2. Manfaatkan Hair dryer

Cara nyeleneh anak kos mengeringkan pakaian, kreatif banget!
foto: wikihow

Nah, kalau nggak ada kipas angin hair dryer pun juga bisa. Apalagi hair dryer nggak cuma mengeluarkan angin tapi juga sedikit panas. Yang kamu butuhkan hanya kesabaran dan ketelatenan untuk memutar-mutar hair dryermu sampai pakaianmu mengering.

3. Fungsi lain dari rice cooker

Cara nyeleneh anak kos mengeringkan pakaian, kreatif banget!
foto: assets.bmdstatic.com

Rice cooker ternyata nggak cuma bisa buat masak saja lho, tapi juga bisa kamu gunakan buat mengeringkan pakaian. Eits, bukan dengan cara memasak pakaiannya tapi dengan cara meletakkan pakaianmu yang basah diatas rice cooker yang sedang on atau menyala. Panas dari rice cooker akan membantu menegringkan pakaianmu yang belum kering sempurna itu.

4. Jangan sepelekan kekuatan setrika

Cara nyeleneh anak kos mengeringkan pakaian, kreatif banget!
foto: www.molto.co.id

Menggunakan setrika ternyata nggak cuma buat menghaluskan dan merapikan pakaian saja lho tapi juga kamu gunakandalam keadaan darurat untuk mengeringkan pakaian yang belum kering. Caranya sama seperti menyetrika hanya saja butuh waktu lebih lama, dan lebih menekankan setrika pada pakaian. Tujuannya agar air terserap dan menguap dengan lebih cepat. Tapi hati-hati keseringan seperti ini juga bisa membuat setrukamu cepat rusak. "Biasanya sih kalau pakaian belum kering aku keringin pakai setrika," ujar Ika (22) seorang karyawan swasta asal Jawa Timur yang ngekos di Jogja.

5. Gantungkan didekat lampu

Cara nyeleneh anak kos mengeringkan pakaian, kreatif banget!
foto: tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.co.id

Anggap saja lampu sebagai matahari buatan yang kamu punya. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggantungkan pakaianmu di bawah lampu atau area yang dekat dengan lampu agar sinar lampu bisa langsung mengenai bagian pakaian yang basah. Cahaya lampu bisa memberikan hangat yang cukup panjang, meskipun kondisi pakaian nggak bisa sekering jika langsung terkena matahari.

6. Buat jemuran portable

Cara nyeleneh anak kos mengeringkan pakaian, kreatif banget!
foto: rofiberkicau.blogspot.co.id

Nah, cuaca yang tidak menentu membuatmu sering resah jika harus meninggalkan jemuran. Untuk mengatasinya kamu biasa membuat jemuran disudut kamarmu. Jadi kamu tidak perlu repot-repot mengangkat atau mengeluarkan kembali jemuran jika cuacanya sedang tidak bersahabat. Tapi pastikan pakaianmu sudah kamu peras dengan maksimal. Agar tidak membuat lantai kamarmu terlalu basah nantinya.

7. Menggunakan panas tubuh

Cara nyeleneh anak kos mengeringkan pakaian, kreatif banget!
foto: giphy.com

Nah, kalau sudah kepeptet nggak punya baju kering yang bisa dipakai kamu bisa langsung memakai pakaianmu yang belum benar-benar kering itu. Nantinya pakaian akan mengering dengan sendirinya karena diserap oleh panas tubuhmu. Namun cara ini cukup beresiko, karena bisa membuatmu jadi masuk angin. hehe