Brilio.net - Noda makeup pada pakaian bisa jadi masalah sepele tapi bikin bete. Entah itu noda dari bedak, foundation, lipstik, atau maskara, semuanya sama-sama bikin kesel kalau mengenai pakaian kesayanganmu. Ya kan? Iya dong! Tapi jangan khawatir, karena sebenarnya ada banyak cara praktis menghilangkan noda makeup tergantung dari jenisnya. Kalau kamu punya uang lebih, bisa kamu serahkan saja semua urusan noda ini pada jasa laundry profesional.

Tapi ada kok cara yang lebih mudah dan murah. Cukup andalkan bahan-bahan yang bisa kamu temui di rumah maupun di pasaran. Apa saja? Yuk simak tips lenyapkan noda make up di pakaian yang sudah brilio.net rangkum dari Fashion Magazine, Sabtu (12/12) di bawah ini!

1. Shaving cream untuk menghilangkan noda bedak atau foundation

Cara lenyapkan noda makeup di baju, coba deh! foto: youtube.com

Bedak atau foundation tak hanya digunakan menutup noda dan minyak pada wajah. Foundation pun sering juga diaplikasikan secara merata di leher, sehingga tak jarang meninggalkan noda di bagian kerah baju. Karena nodanya nggak terlalu terlihat, banyak orang yang mengabaikan noda tersebut hingga sampai menebal.

Krim cukur bisa jadi solusi untuk membersihkan noda bedak atau foundation. Pertama, tempelkan tisu yang yang telah diberi krim lalu tepuk-tepuk lembut ke bagian yang bernoda. Untuk noda yang membandel, campurkan sedikit alkohol ke dalam krim lalu oleskan pada noda sampai menghilang. Selanjutnya gunakan sabun detergen untuk tahapan membersihkan nodanya. Ingat, gosok perlahan agar tekstur kain tetap dalam kondisi baik.

2. Hairspray untuk menghilangkan noda lipstik

Cara lenyapkan noda makeup di baju, coba deh! foto: instyle.com

Noda liptik pada pakaian selain dapat dihilangkan dengan detergen cair, juga bisa dilakukan dengan menyemprotkan hair spray. Biarkan selama 10 menit lalu bersihkan perlahan dengan spons dan cuci seperti biasa. Jika pakaian nggak bisa dicuci atau hanya bisa dibersihkan dengan dry cleaning, gunakan saja bedak bayi, kapur atau baking soda. Bahan tersebut berfungsi membersihkan sisi minyak dan lilin yang terkandung di dalam lipstik.

3. Makeup remover untuk menghilangkan sisa-sisa maskara

Cara lenyapkan noda makeup di baju, coba deh! foto: lovelychicas.com

Maskara, makeup berbahan dasar minyak ini juga kerap jadi masalah jika jatuh menodai kemeja favorit kamu. Andalkan makeup remover (oil free) untuk hilangkan sisa-sisa maskara. Selain itu kamu juga bisa menggunakan detergen yang dicampurkan dengan air hangat. Caranya, ambil ½ sendok teh detergen dan campurkan dengan 1 cangkir air hangat. Ambil spons dan tepuk-tepuk perlahan ke bagian noda dengan menggunakan campuran pembersih tadi. Ambil spons yang lain yang telah dibasahi air untuk membasuhnya. Ulangi cara ini sampai noda terangkat semua.

4. Tisu basah untuk menghilangkan noda eye shadows atau blush on

Cara lenyapkan noda makeup di baju, coba deh! foto: wet-wipe-preservation.com

Makeup dari bahan non-oily adalah eye shadows atau blush on (perona pipi). Pertama, hilangkan noda dengan kuas, lalu gunakan baby wipe (tisu basah) dan tekan-tekan dengan lembut pada bagian yang terkena noda. Jangan terlalu kuat menggosok-gosokkan tisu basah karena justru akan merusak pakaian kamu. Setelahnya, cuci pakaian seperti biasa.

5. Sabun cuci piring untuk menghilangkan noda alas bedak

Cara lenyapkan noda makeup di baju, coba deh! foto: lifehacker.com

Noda alas bedak jenis cairan lebih sulit dihilangkan ketimbang yang berjenis padatan. Langkah pertama, langsung mencucinya dengan shampoo atau krim pembersih lalu bilas hingga bersih. Alas bedak jenis cair memiliki tekstur berlemak, cuci dengan sabun cuci piring untuk membubarkan noda, kemudian gosok lembut bagian pakaian yang terkena noda. Cara lain kamu bisa menggunakan alkohol hingga noda terangkat.

6. Selotip untuk mengatasi noda cat kuku

Cara lenyapkan noda makeup di baju, coba deh! foto: stylishcraze.com

Pakai aseton? Jangan! Pasalnya kandungan aseton bisa merusak serat benang pada baju. Jadi, biarkan saja noda cat kuku mengering di baju lalu ambil selotip dan tempelkan pada noda tersebut. Lakukan teknik ini sama seperti teknik waxing. Mudah kan? Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun serta lotion yang ditambahkan sedikit detergen bubuk agar mudah dibersihkan. Hindari mengucek dengan tangan, sebaiknya sikat hanya di bagian tersebut sehingga kelunturan warna nggak menyebar kemana-mana.

7. Cuka putih untuk menghilangkan noda deodoran

Cara lenyapkan noda makeup di baju, coba deh! foto: greenideareviews.com

Kamu mungkin berpikir bahwa noda karena pemakaian deodoran dapat disikat segera, tapi itu salah. Caranya kamu bisa menggunakan cuka putih yang selama ini dikenal untuk menambah rasa makanan. Campurkan larutan cuka dan air lalu celupkan pakaian yang terkena noda deodoran ke dalamnya atau cukup semprotkan cuka putih pada noda kekuningan dan mengeras bekas deodoran sebelum mencuci pakaian.

Pastikan untuk menguji campuran cuka pada satu bagian terlebih dahulu untuk memastikan warna pakaian tidak memudar. Gunakan campuran sisanya untuk membersihkan noda deodoran atau noda lain seperti noda makanan atau bekas makeup yang tersisa.