Brilio.net - Tidak bisa dipungkiri, saat ini media sosial (medsos) sudah menjadi keseharian banyak orang. Kurang lengkap rasanya hidup tanpa medsos. Saking menjadi kebiasaan, sampai-sampai ada ungkapan, kebiasaan utama kebanyakan orang saat bangun tidur saat ini, pertama adalah bernapas, kedua buka medsos.  
 
Ya, sekarang ini medsos bukan lagi sekadar ladang untuk pertemanan semata. Lebih dari itu, banyak hal bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan medsos. Mulai dari sekadar “kongkow” dengan teman di dunia maya, mempromosikan produk, hingga meningkatkan jumlah pengunjung sebuah situs. Alasan sederhana orang memanfaatkan medsos untuk kepentingan mereka, mudah dan murah.
 
Nah, tentu saja ada satu hal yang umumnya menjadi tujuan orang berselancar di dunia maya memanfaatkan medsos. Mencapai sebanyak mungkin pembaca. Ya, jumlah pageviews dalam kurun waktu tertentu bagi sebuah situs, menjadi ukuran keberhasilan. Tentu saja bukan pekerjaan gampang memancing hasrat orang untuk mengunjungi situs yang kamu kelola. Kalau cuma mengandalkan cara-cara konvensional, ya jangan berharap banyak deh.

Cara gampang menjangkau 60 juta pageviews ala Brilio CEO Brilio.net Joe Wadakethalakal dalam acara community meet up di Social Media Week 2016.(foto: brilio.net/Islahuddin)

Mesti punya trik jitu untuk memancing orang mengunjungi situs yang kamu kelola. Nah tema inilah yang disampaikan CEO Brilio.net Joe Wadakethalakal dalam acara community meet up di Social Media Week 2016 pada 26 Februari 2016 di Senayan City. Mengusung tema How To Get To 60 Million Pageviews, Joe berbagi rahasia bagaimana Brilio.net bisa menggapai 60 juta pageviews. Jarang-jarang loh ada yang mau berbagi rahasia seperti ini.
 
Ternyata kuncinya, kerja keras, kerja cerdas dan strategi jitu. Selain memanfaatkan penggunaan medsos secara efisien, Joe punya strategi jitu. Apa sih strateginya?  
 
 
Fokus pada konten yang disuka.
Pemilik situs harus menentukan segmen yang mereka bidik, lalu cari konten apa yang mereka suka. Pada saat awal mendirikan situs, boleh saja memberikan perhatian yang sama pada semua hal. Namun setelah mengetahui kecenderungan pembaca, maka perlu fokus pada hal tersebut.

Di Brilio.net  misalnya ada empat tema yang paling menarik pembaca yaitu selebritis, humor, foto dan cinta. Pada empat tema inilah proporsi perhatian diberikan. Terbukti, salah satu tulisan bertema humor yang memuat foto mampu menembus 1,3 juta pembaca dalam satu minggu.
 
Ikuti tren dan trending topic.
Jika ada trending topic yang sedang disukai pembaca, maka pemilik situs juga perlu memberitakannya, tapi tetap diberikan sentuhan khas ala karakter yang mereka miliki. Contohnya, saat perhatian orang tertarik membicarakan kasus “putri yang tertukar” pada event miss universe, Brilio.net  juga memberikan perhatian pada hal tersebut, namun dengan gaya dan sentuhan khas Brilio.
 

Cara gampang menjangkau 60 juta pageviews ala Brilio Joe saat menerangkan salah satu konten kreatif Brilio.net, Jomblo Hunt.(foto: brilio.net/Islahuddin)

Menggunakan bahasa pembaca.

Jika pembaca kita adalah anak SMA, maka harus menggunakan bahasa atau kata-kata yang biasa dipergunakan atau disampaikan anak SMA agar bisa lebih mudah dicerna. Begitu juga jika segmennya kalangan tertentu.
 
Beri perhatian pada tim kreatif.

Cara gampang menjangkau 60 juta pageviews ala Brilio Brilicious, juga merupakan gagasan kreatif lainnya yang akan diluncurkan brilio.net. (foto: brilio.net/Islahuddin)

Ide kreatif lahir dari tim dan SDM yang kreatif. Mereka perlu didorong dan dirangsang untuk terus melahirkan konten-konten kreatif. Salah satu cara mendorongnya adalah dengan membuat suasana kerja yang penuh kekeluargaan, kantor yang nyaman dan apresiasi kepada mereka yang berprestasi.
 
Nah sudah tahu kan rahasia Joe mengelola Brilio.net, situs ciamik generasi milenial.