Brilio.net - Kamu sering menghabiskan waktu di depan layar gadget, komputer, televisi? tentu kesehatan mata penting buat kamu perhatikan. Menatap layar gadget misalnya jika dilakukan dalam waktu yang lama, bagi sebagian orang hal itu bisa menimbulkan kelelahan pada mata bahkan menyakitkan. Di era digital ini, kamu harus memperhatikan kesehatan mata kamu.

Kondisi mata yang masih cukup baik, bukan alasan untuk tidak memperhatikan kesehatan mata. Salah satu caranya dengan melakukan olahraga mata. Dilansir DechaCare.com, Minggu (13/12) Pakar bedah mata, dokter Keiki Mehta mengatakan,"Olahraga mata penting untuk menjaga fungsi mekanis maupun optiknya. Rajin olahraga mata juga meningkatkan kemampuan fokus," kata dr Keiki Mehta.

Berikut olahraga mata yang brilio.net rangkum dari DechaCare.

1. Taruh telapak tangan untuk menutupi mata

Cara agar mata kamu tetap sehat dan rileks, olahraga mata


Saat mata kamu lelah, cobalah untuk memejamkan mata sejenak. Kemudian, taruh telapak tangan kamu di depan mata yang terpejam. Tak perlu rapat, biarkan mata kamu rileks sejenak.

2. Memutar mata

Cara agar mata kamu tetap sehat dan rileks, olahraga mata


Setiap 30 menit, cobalah untuk memutar mata berlawanan arah jarum jam. Hal ini sangat penting dilakukan terutama buat kamu yang betah duduk di depan layar gadget, komputer dalam waktu yang lama.

3. Ubah fokus pada objek lain

Cara agar mata kamu tetap sehat dan rileks, olahraga mata


Kamu merasa matamu lelah? Olahraga mata ringan yang bisa kamu coba yaitu dengan memandang objek lain yang lebih jauh selama 30 detik. Cobalah fokus dan berkedip cepat beberapa kali. Setelah itu, pandanglah objek lain yang lebih dekat selama 15 detik dan berkedip lagi beberapa kali. Kamu bisa mencoba hal ini sebanyak 10 kali untuk mata lebih rileks.