Brilio.net - Keberadaan sampah masyarakat di Tanah Air yang semakin hari menumpuk ternyata menjadi ide juga untuk mendirikan sekolah pengolahan sampah. Sekolah pengolahan sampah yang didirikan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ini diklaim menjadi yang pertama di Indonesia.

"Mungkin ini sekolah pengolahan sampah pertama di Jawa Barat, juga di Indonesia. Sekolah ini terbuka untuk umum, masyarakat yang ingin belajar mengelola sampah," kata Penggerak Kampung Swakelola Sampah Jatibaru Kabupaten Bandung, Wawan Jumat (10/4).

Lokasi sekolah terletak sebuah lahan lapang di bawah pemukiman kompleks Jatibaru. Sekolah berupa ruangan berukuran 5 x 8 meter yang dilengkapi dengan kursi, layar monitor, alat peraga serta berdampingan dengan tempat pengelolaan sampah organik.

Menurut Wawan, model sekolahnya ternyata mendapat sambutan dari masyarakat luas. Terbukti, pihaknya kerap menerima kunjungan dari masyarakat luar provinsi bahkan luar negeri seperti Jepang, Korea dan beberapa negara ASEAN lainnya.

Terakhir sebanyak 20 delegasi dari negara-negara ASEAN datang dan melakukan audiensi pengelolaan kampung swakelola sampah termasuk sekolah pengolahan sampah. Menurut Wawan, sekolah pengolahan sampah itu didirikan untuk mengedukasi warga sekitar, termasuk juga mereka yang berminat untuk mengelola sampah.

Nining, salah seorang petugas instalasi pengolahan sampah di Jatibaru menyebutkan dalam tiap pelatihan biasanya akan diajarkan cara memanajemen sampah organik dan nonorganik, daur ulang, sistem kompos, pengolahan biodegester dan kerajinan dari bahan sampah.

"Kami melibatkan warga lanjut usia untuk program ini, karena biasanya lanjut usia yang masih sehat cocok untuk menyampaikan edukasi kepada anak-anak atau cucu mereka. Mereka juga aktif membuat kerajinan dan produk kuliner," kata Nining.