Brilio.net - Berawal dari Gathering Kaskus, pasangan ini akhirnya menjalin cinta. Pacaran mereka dengan gaya Long Distance Relationship (LDR) selama 3 tahun diakhiri pada Sabtu (28/3). Unik, Agesta Purnama (27) resmi menikahi Oktar Mia S (25) dengan mengucapkan ijab di atas traktor di tengah Alas Kradenan, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Agesta dan Oktar merupakan satu dari 11 pasangan pengantin yang mengikuti acara 'Nikah Bareng Jogja Istimewa'. Konsep pernikahan bareng ini unik, berbeda dengan pernikahan pada umumnya. Pernikahan dilakukan di atas traktor yang biasa digunakan untuk membajak sawah.

Mahar yang digunakan juga unik, jika pasangan lain memilih perhiasan menjadi mahar, maka pasangan pengantin yang mengikuti acara ini memanfaatkan hasil pertanian warga setempat sebagai mas kawin. Semua konsep alam pada acara ini dilakukan menyambut Hari Bumi yang jatuh pada 22 April mendatang.

Agesta dan Oktar merupakan pasangan termuda yang mengikuti acara nikah bareng ini. Kebanyakan pasangan yang ikut sudah masuk usia kepala empat. Dari 11 pasang pengantin, 3 pasang di antaranya merupakan pasangan normal, sedangkan 8 pasang lainnya merupakan pasangan difabel tuna netra.

Oktar mengungkapkan bahwa dirinya tak malu mengikuti acara unik ini. Konsep pernikahan mereka sangat jauh dari kesan mewah. Tapi keunikan acara jadi daya tarik sendiri bagi mereka yang tak akan didapatkan oleh pasangan lainnya.

Bertemu saat Gathering Kaskus, pasangan ini menikah di atas traktor

Pertemuan Agesta dan Oktar bisa dikatakan berawal dari ketidaksengajaan. Agesta mengaku mengenal Oktar pada awal 2012 saat mengikuti Gathering Kaskus di Jakarta. Saat berlibur ke Jakarta dan tahu ada Gathering Kaskus, pria yang memang aktif di Kaskus ini pun langsung ikutan. Dari situlah Agesta mengenal Oktar yang juga Kaskuser.

Tak disangka, komunikasi yang intens membawa mereka pada hubungan yang lebih serius meskipun jarak tinggal mereka terbilang cukup jauh. Agesta tinggal di Bantul Jogja, sedangkan Oktar adalah penduduk asli Jakarta dan bekerja di sana. Hubungan gaya LDR pun mereka lakoni. Untuk melepas rasa kangen, mereka biasanya bertemu 2 atau 3 bulan sekali.

Bertemu saat Gathering Kaskus, pasangan ini menikah di atas traktor

Saat tahu ada acara Nikah Bareng Jogja Istimewa, Agesta yang sudah merasa klop akhirnya mengajak Oktar untuk menikah dengan mengikuti acara yang dianggapnya gokil itu. "Saat itu saya ya kaget, masa nikahnya ikut acara nikah bareng. Tapi setelah tahu konsepnya yang kembali ke alam, saya malah tertarik dan akhirnya mengiyakan tawarannya," terang Oktar ketika ditemui brilio.net, Sabtu (28/3).

Meski sudah menikah, pasangan ini tetap harus menjalin LDR lantaran Oktar harus menyelesaikan pekerjaannya di Jakarta. Baru setelah lebaran Oktar bisa ikut bersama suaminya yang bekerja sebagai staf TU salah satu SMP di Jogja ini. "Ya harus ditahan, mas. Pacaran LDR 3 tahun aja bisa, masa hanya nunggu 2 bulan untuk bisa tinggal bareng nggak bisa," ungkap Oktar yang di Jakarta bekerja sebagai staf admin IT.

Bertemu saat Gathering Kaskus, pasangan ini menikah di atas traktor