Brilio.net - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa benua Amerika pernah terhubung 10 juta tahun yang lalu. Hasil ini mematahkan studi sebelumnya yang mengatakan bahwa kedua benua tersebut pernah bersatu 3 juta tahun silam.

Benua Amerika, Utara dan Selatan ternyata pernah terhubung jauh lebih awal dari perkiraan sebelumnya. Baru-baru ini, para peneliti menemukan bukti yang meyakinkan, yaitu tumpukan batu dari sungai kuno di Kolombia.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Science, menyajikan bukti bahwa jembatan darat Panama terbentuk setidaknya 10 juta tahun lebih awal. Sampai saat itu, saluran air dalam yang disebut Amerika Tengah Seaway memisahkan kedua benua.

Para peneliti mendasarkan perkiraan mereka pada kehadiran butiran kecil mineral yang disebut zircon. Mineral itu ditemukan di batuan dasar sungai kuno di Kolombia utara yang berasal dari Panama dan berusia 13 juta 15 juta tahun.

"Kami berpendapat bahwa jembatan itu sudah ada sejak 13 hingga 15 juta tahun lalu," kata ahli geologi Camilo Montes dari Universidad de los Andes, Bogota, yang memimpin studi tersebut.

"Kami pikir zirkon tersebut tersimpan di sungai yang mengalir dari Isthmus Panama ketika merapat ke Amerika Selatan, hampir 10 juta tahun lalu, ujarnya seperti dilansir dari Dailymail, Sabtu (11/4).

Berbagai benua yang berada di atas lempeng bumi terus menerus bergeser di atas mantel bumi dalam sejarah planet ini. Benua-benua itu telah berpisah, melayang dan bergabung berkali-kali dalam sebuah proses yang disebut lempeng tektonik.

Amerika Selatan menjadi daratan terisolasi ketika terpisah dari Afrika. Sementara itu Amerika Utara memisahkan diri dari benua Eropa lalu bergabung secara perlahan-lahan dengan Amerika Selatan. "Lempengan benua masih bergerak sampai sekarang dan tidak akan pernah berhenti," kata Montes.